Kamis, 24 Januari 2019

Trik Mengambil Gambar Sempurna dengan Ponsel Android

Kumpulan smartphone Android saat ini mengedepankan kualitas kamera.

Suara.Com
Dythia Novianty
Trik Mengambil Gambar Sempurna dengan Ponsel Android
Huawei Mate 20 Pro. [Suara.com/Aditya Gema Pratomo]

Suara.com - Kumpulan smartphone Android saat ini mengedepankan kualitas kamera. Seiring waktu, perusahaan seperti Huawei, Samsung, Sony, LG, dan Google secara konsisten telah mengaitkan kamera on-board di ponsel mereka.

Ponsel Anda kini menjadi perangkat yang paling sering digunakan. Selain itu, karena sekarang ada banyak penyimpanan online yang tersedia melalui Google Foto dan Dropbox, Anda dapat memotret sesuai keinginan.

Ada baiknya mempelajari beberapa bagian tentang apa yang dapat dilakukan kamera ponsel Anda dan bagaimana bisa mendapatkan hasil foto dengan kualitas terbaik. Berikut arahan dari beberapa fotografer dengan ponsel Android .

Kali ini, ponsel yang digunakan adalah Huawei Mate 20 Pro dan Google Pixel 3. Kedua ponsel dirilis dalam beberapa minggu satu sama lain menjelang akhir 2018 dan mengambil rute berbeda untuk mendapatkan foto terbaik.

Google memutuskan untuk menyesuaikan ponselnya hanya dengan satu kamera dan Huawei memilih untuk menggunakan beberapa perangkat keras yang mengesankan. Mate 20 Pro menggunakan sistem kamera tiga lensa yang dikembangkan oleh Leica.

Setiap ponsel menghasilkan gambar yang menakjubkan, tergantung bagaimana Anda mengoperasikannya. Meskipun ponsel ini dibuat untuk mengambil gambar yang layak secara otomatis, Anda masih dapat menyesuaikan banyak pengaturan jika Anda mau.

Ini biasanya ditemukan di opsi 'Pro' atau 'Manual' dalam pengaturan kamera. Pada ponsel layar sentuh, Anda akan mendapatkan penggeser untuk mengubah nilai atau pilihan nilai yang telah ditetapkan sebelumnya yang dapat Anda pilih.

1. Pengaturan ISO

Pengaturan ISO berkaitan dengan sensitivitas cahaya dari sensor di dalam kamera. Nilai yang lebih tinggi berarti Anda dapat memotret pada kecepatan rana yang lebih cepat dan pada cahaya rendah untuk menangkap subjek.

Bahaya dengan pengaturan ISO tinggi adalah Anda akan mendapatkan lebih banyak noise di gambar. Dengan pengaturan ISO yang lebih tinggi Anda dapat mengharapkan gambar yang lebih 'kasar' karena sebagian detailnya hilang.

2. White Balance

White balance adalah pengaturan yang mencoba membuat warna gambar Anda terlihat sealami mungkin. Itu biasanya diungkapkan dengan opsi berbeda seperti 'Cloudy', 'Luar Ruangan' atau 'Shade' dan itu memengaruhi suhu gambar.

Jika memotret daun di musim gugur, Anda membalikkan keseimbangan putih ke bagian spektrum yang lebih hangat. Jika Anda memotret kolam renang di atas gedung pencakar langit, Anda mungkin ingin mengalihkannya ke kiri agar memiliki nada dingin pada foto.

Memilih White Balance yang tepat tergantung pada preferensi pribadi Anda serta lingkungan tempat mengambil gambar.

3. HDR

HDR mengacu pada (High Dynamic Range) menjadi semakin umum dalam fotografi telepon. Dengan mengaktifkan mode telepon ini akan mengambil beberapa gambar komposit dengan pengaturan eksposur berbeda dan memetakannya bersama-sama untuk memaksimalkan jangkauan dinamis.

Rasio terang terhadap gelap di foto. Tersisa adalah foto yang terlihat jauh lebih detail dan alami.

Pada hari-hari ketika ruang pada ponsel cerdas menjadi premium, HDR tidak banyak pilihan, tetapi sekarang sudah umum di banyak perangkat. Baik ponsel Mate 20 Pro dan Pixel 3 memiliki mode HDR dan disarankan untuk mengaktifkannya kapan pun memungkinkan.

4. Tip dan trik

Mode malam baik Google Pixel 3 dan Huawei Mate 20 Pro memiliki mode khusus yang didedikasikan untuk pemotretan di malam hari. Night Sight untuk Pertama dan Malam Mode untuk yang terakhir, menggunakan perangkat lunak khusus untuk mencerahkan gambar dan memberi lebih banyak detail.

Dalam kedua kasus ini Anda harus memegang telepon setenang mungkin saat mengambil foto, sehingga kamera dapat mengambil sebanyak mungkin detail dan memperingan gambar. Satu hal yang perlu diingat adalah Anda dapat menggunakan mode Night Sight pada kamera depan Pixel 3. Sementara pada Mate 20 Pro, hanya tersedia di bagian belakang.

5. Fotografi makro

Salah satu tempat di mana Mate 20 Pro sangat unggul adalah fotografi makro. Itu berarti mengambil bidikan close-up yang sangat detail.

Snapper Huawei akan secara otomatis mendeteksi ketika Anda meletakkan lensa dekat dengan sesuatu dan menyesuaikan ke pengaturan makro. Ini adalah salah satu mode yang paling disukai.

6. Fotografi berkecepatan tinggi

Google telah memberi Pixel 3 alat yang berguna untuk melacak subjek saat mereka bergerak. Anda dapat fokus pada wajah secara spesifik dan perangkat lunak akan menguncinya dan melacak orang itu di bidang pandang. Artinya, Anda tidak akan kehilangan fokus pada orang tertentu jika ada banyak hal yang membingungkan. [Metro]

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini