Empat Ponsel Huawei Bakal Dapat Update EMUI 9, Ini Fitur-fiturnya

Huawei mengumumkan update terbaru sistem operasinya, EMUI 9.0.

Suara.Com
Dythia Novianty
Empat Ponsel Huawei Bakal Dapat Update EMUI 9, Ini Fitur-fiturnya
VP Software Marketing Huawei Consumer Business Group, Ryan Lui saat memperkenalkan EMUI 9.0 di Jakarta, Rabu (5/12/2018). [Suara.com/Dythia Novianty]

Suara.com - Huawei mengumumkan update terbaru sistem operasinya, EMUI 9.0. Kabar gembira buat mereka pemiliki empat ponsel terbaru yang mendapatkan update ini, Huawei P20 Pro, HUawei P20, Huawei Mate 10 Pro dan Huawei Mate 10.

Update ini akan menyambangi sepuluh negara yang dipilih Huawei. Untungnya, Indonesia masuk ke dalam daftar tersebut.

"Kami berhasrat membawa pengalaman baru yang lebih kaya pada saat mengakses perangkat Huawei yang sudah menjalankan OS EMUI 9.0. Berbagai fitur AI dan produktivitas akan memberdayakan pengguna dan membuat mereka bisa mendapatkan manfaat lebih dari perangkat teknologinya," ujar VP Software Marketing Huawei Consumer Business Group, Ryan Lui saat jumpa pers di Jakarta, Rabu (5/12/2018).

EMUI 9.0 telah diumumkan pada 1 September lalu di Jerman dan 5 September di Cina. Kini OS terbaru itu bakal hadir untuk publik Indonesia melalui Huawei Mate 20 Series.

OS ini membawa peningkatan performa signifikan, mulai dari respons ketukan, waktu dijalankannya aplikasi, sampai kelancaran jalannya aplikasi, telah dioptimalisasi ke level kecepatan dan efisiensi yang baru.

Berikut beberapa fitur baru yang terupdate di EMUI 9.0:

1. Setting menu yang mudah

Huawei mengurangi jumlah item di menu Settings dan menambahkan tab Advanced untuk membuka konfigurasi yang lebih lengkap. Dibandingkan dengan pendahulunya, opsi yang ada di EMUI 9.0 berkurang 10 persen.

Kategorisasinya menjadi lebih baik. Dengan memindahkan opsi lanjutan ke tab khusus, pengguna sehari-hari akan disuguhi menu yang lebih sederhana. Sementara pengguna yang lebih advanced akan tetap bisa membuat perubahan yang terperinci di perangkat mereka.

Fitur-fitur yang memiliki sifat serupa seperti Timer, Jam, dan Kompas, telah dirancang ulang mengikuti bahasa desain yang sama untuk memberikan pengalaman terpadu dan intuitif.

EMUI 9.0 mengoptimalkan penempatan tombol navigasi yang secara signifikan bikin penggunaan satu tangan makin nyaman. Sebagai contoh, bar navigasi Galeri telah dipindahkan ke bagian bawah layar, memungkinkan pengguna dengan mudah menelusuri antara Foto, Album, Sorotan dan tab Discover dengan ibu jari tangan sambil memegang perangkat.

2. Peningkatan kemampuan AI

EMUI 9.0 meningkatkan kemampuan AI dengan menghadirkan Spotlight Reel ke semua perangkat yang didukung. Dapat diakses melalui aplikasi Galeri, fitur baru ini menggunakan kemampuan AI pada perangkat Huawei untuk secara otomatis menghasilkan montase 10 detik yang menyoroti individu yang membintangi video pengguna.

Selain itu, EMUI 9.0 menawarkan dua cara bagi pengguna untuk menggunakan AI, yakni HiVision dan HiTouch. HiVision, memungkinkan pengguna dengan mudah mencari berbagai informasi lebih lanjut di Internet, tentang objek yang menarik, hanya dengan mengarahkan kamera ke arahnya.

HiVision mengenali landmark dari 15 negara serta lebih dari 10 juta karya seni terkenal. Ia juga mengenali berbagai macam makanan, dan dapat memberikan perkiraan kalori untuk pengguna yang sadar tentang asupan kalori mereka.

VP Software Marketing Huawei Consumer Business Group, Ryan Lui saat memperkenalkan EMUI 9.0 di Jakarta, Rabu (5/12/2018). [Huawei Indonesia]
VP Software Marketing Huawei Consumer Business Group, Ryan Lui saat memperkenalkan EMUI 9.0 di Jakarta, Rabu (5/12/2018). [Huawei Indonesia]

Sementara HiTouch, diaktifkan dengan menekan dan menahan dua jari pada gambar, memungkinkan pengguna dengan mudah melakukan pengecekan online terhadap pengecer dan platform eCommerce dan berbelanja barang. Fitur ini dapat mengenali lebih dari 120 juta item dari lebih dari 200 platform eCommerce dan toko online resmi dengan hampir 100 merek.

Namun, penggunaan kedua fitur ini berbeda di masing-masing negara.

3. Peningkatan kualitas produksi dengna Easy Projection

Fitur Easy Projection memungkinkan pengguna menghubungkan perangkat mereka dengan layar eksternal untuk meningkatkan produktivitas. Untuk EMUI 9.0, Huawei mengembangkan fitur ini dengan menawarkan upgrade secara nirkabel.

Pengguna yang menjalankan EMUI 9.0 sekarang memiliki akses ke One-Click Projection, dan Highlight dan Capture di Layar Besar, yang memungkinkan pengguna dengan mudah menambahkan highlight dan menangkap konten yang diproyeksikan pada layar yang lebih besar seperti TV.

EMUI 9.0 juga mendukung berbagai fitur-fitur produktivitas, seperti HUAWEI Share yang bermanfaat mengirim file antara smartphone Huawei dan PC Huawei, sekarang pengguna bisa menggunakan HUAWEI Share untuk mengirimkan file ke printer yang punya koneksi Bluetooth.

Kemudian Backup, di mana EMUI 9.0 mendukung cara baru bagi pengguna untuk mem-backup file-file penting mereka. Di samping HUAWEI Cloud, sekarang pengguna bisa menyimpan file backup mereka di SD Card, USB drive, atau sebuah NAS (Network Attached Storage).

Sementara WPS dengan HiAI, pengguna dapat memanfaatkan kemampuan HiAI untuk memperkaya fitur-fiturnya. EMUI 9.0 secara otomatis menyesuaikan alignment pada dokumen dan dapat mengubah foto dan hardcopy menjadi file digital yang bisa disunting.

Tidak hanya fitur-fitur di atas, EMUI 9.0 juga dilengkapi Password Vault, sebuah fitur yang secara aman menyimpan kata sandi pengguna secara lokal. Juga fitur kesejahteraan digital seperti Digital Balance untuk memantau penggunaan

Ada juga App Limit untuk menetapkan batas waktu untuk berbagai aplikasi serta Wind Down, yang mengubah layar menjadi abu-abu selama jam tidur.

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini