Senin, 10 Desember 2018

Samsung Ketahuan Pakai Hasil Jepretan DSLR di Iklan Galaxy A8 Star

Samsung Malaysia menggunakan foto hasil jepretan kamera DLSR milik fotografer Serbia.

Suara.Com
Liberty Jemadu
Samsung Galaxy A8 Star. [Suara.com/Lintang Siltya Utami]
Samsung Galaxy A8 Star. [Suara.com/Lintang Siltya Utami]

Suara.com - Samsung tertangkap basah menggunakan foto hasil jepretan kamera DSLR dalam iklan ponselnya, yakni Samsung Galaxy A8 Star, demikian diwartakan The Verge pekan ini.

Aksi tipu-tipu Samsung itu diungkap oleh Dunja Djudjic, seorang penulis dan fotografer asal Serbia. Ia menuding bahwa Samsung Malaysia menggunakan salah satu fotonya dalam iklan Galaxy A8 Star

Djudjic menduga foto itu dibeli Samsung melalui situs penyedia foto EyeEm, jadi lisensi bukan masalah dalam kasus ini. Tetapi Djujic menekankan bahwa foto itu ia jepret bukan menggunakan Samsung Galaxy A8 Star, tetapi menggunakan kamera DSLR miliknya.

Samsung memang tak secara eksplisit mengatakan bahwa foto itu hasil jepretan Galaxy A8 Star. Tetapi karena disematkan dalam iklan Galaxy A8 Star, foto itu seolah-olah mengilustrasikan kemampuan gawai tersebut.

Lebih lanjut, Djudjic juga mengatakan bahwa foto itu telah disunting sedemikian rupa sehingga berbeda dengan foto aslinya.

Ini bukan pertama kali Samsung kedapatan memalsukan foto-foto dalam material promosinya. Agustus lalu, Samsung Brazil ketahuan menggunakan foto hasil jepretan kamera DSLR dalam iklannya.

Juga pada Agustus, Huawei yang diketahui menggunakan foto hasil jepretan kamera DSLR untuk mempromosikan hasil foto sebuah kamera ponselnya.

Samsung sendiri belum berkomentar terkait tudingan itu.

    Berita Terkait

    Terpopuler

    Terkini