Rabu, 12 Desember 2018

Qualcomm Perkenalkan Chip Baru Berteknologi 5G

Qualcomm Inc. meluncurkan Snapdragon 855, sebuah chip baru yang mampu terhubung ke teknologi 5G.

Suara.Com
Dythia Novianty | Lintang Siltya Utami
Ilustrasi Qualcomm. [Shutterstock]
Ilustrasi Qualcomm. [Shutterstock]

Suara.com - Qualcomm Inc. meluncurkan Snapdragon 855, sebuah chip baru yang mampu terhubung ke teknologi 5Gdan dapat menyediakan kecepatan data seluler hingga 50 atau 100 kali lebih cepat daripada jaringan 4G saat ini.

Dirancang untuk meningkatkan keamanan smartphone, Snapdragon 855 dilengkapi dengan 3D Sonic Sensor yang akan memantulkan gelombang suara dari jari pengguna untuk menghasilakn peta 3D sidik jari. Sensor ini disebut jauh lebih aman daripada sensor optik. Dikutip dariDigital Trends, dikabarkan Samsung juga akan menggunakan sensor sidik jari ultrasonik pada Galaxy S10.

Sebagai chipset pertama Qualcomm yang dibangun pada proses 7-nanometer, dilengkapi dengan Kryo 485 CPU terbaru dari Qualcomm, chipset ini dilaporkan akan memberikan peningkatan kinerja sebesar 45 persen, dibandingkan dengan teknologi generasi sebelumnya. Kinerja grafisnya pun akan meningkat sebesar 20 persen karena dilengkapi dengan GPU Adreno 640 yang baru.

Tak hanya itu, Snapdragon 855 juga diciptakan untuk menghadirkan fitur kecerdasan buatan (AI) di mana ditenagai oleh generasi keempat multi-core AI engine, yang diklaim tiga kali lebih kuat daripada mesin generasi sebelumnya. Sementara itu, untuk teknologi kameranya, Snapdragon 855 mendukung hingga dua sensor kamera hingga 22 MP atau kamera tunggal hingga 48 MP. Menurut Qualcomm, Snapdragon 855 juga menawarkan penghematan daya hingga 4 kali dan mendukung pengambilan video hingga resolusi 4K pada 60 frame per detik.

Diperkenalkan di Hawaii, bahkan Samsung Electronics Co., mengatakan, akan membuat smartphone teknologi 5G dengan menggunakan komponen baru dari Qualcomm ini. Diperkirakan akan banyak smartphone baru yang rilis pada tahun 2019 menggunakan chipset Snapdragon 855 ini.

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini