Rabu, 16 Januari 2019

5 Tips Menghasilkan Foto yang Instagramable

Memanfaatkan teknik-teknik dasar fotografi bisa menghasilkan foto yang instragamable.

Suara.Com
Liberty Jemadu | Lintang Siltya Utami
5 Tips Menghasilkan Foto yang Instagramable
Ilustrasi foto-foto dalam aplikasi media sosial Instagram. [Shutterstock]

Suara.com - Instagram , platform populer untuk berbagi foto, kini kian populer, tetapi untuk menghasilkan foto yang instagramable mungkin akan sulit jika tidak menguasai teknik fotografi.

Namun, menurut The Next Web, pengguna Instagram dapat menghasilkan foto layaknya seorang pro dengan teknik-teknik dasar, seperti komposisi, pencahayaan, hingga warna untuk menciptakan foto ciamik.

Berikut ini lima tips untuk menghasilkan foto yang lebih instagramable:

1. Pencahayaan yang tepat
Untuk menghasilkan foto yang indah, pastikan pengguna mengaplikasikan pencahayaan yang tepat: tidak terlalu terang juga tak terlalu gelap. Sebisa mungkin, manfaatkan pencahayaan alami seperti sinar matahari.

2. Gunakan warna dan garis yang kuat
Disarankan foto-foto yang diunggah memiliki warna, bentuk, dan garis yang kuat agar menonjol dari foto-foto lainnya. Selalu pilih dan fokus pada satu elemen yang memiliki porsi lebih di dalam bingkai.

3. Manfaatkan aplikasi untuk mengedit
Google Play Store ataupun App Store menawarkan sejumlah aplikasi pengeditan pihak ketiga. Jika merasa suntingan yang ditawarkan Instagram tidak cukup, pengguna dapat menggunakan aplikasi-aplikasi ini untuk menghasilkan foto lebih tajam dan penuh warna.

4. Gunakan referensi grid
Dengan menggunakan referensi grid, pengguna dapat menyelaraskan semua elemen di dalam gambar dan menghasilkan foto yang instagramable. Pengguna dapat mengaktifkan fitur grid untuk meningkatkan komposisi gambar. Namun, harus berhati-hati dalam mengamati elemen dan menemukan titik tengah yang tepat dari gambar.

5. Jangan berlebihan
Sebagian besar pengguna Instagram melakukan pengeditan yang berlebihan dan membuat foto menjadi tidak menarik. Cukup lakukan pengeditan dasar. Ingat, mengedit berlebihan akan menghilangkan tampilan asli foto.

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini