Kamis, 24 Januari 2019

Pejabat AS Bantah Pernyataan Bos Apple Salahkan Ketegangan AS dan Cina

Pernyataan Tim Cook menyalahkan penjualan iPhone Apple yang lemah akibat meningkatnya ketegangan antara AS dan Cina, disanggah.

Suara.Com
Dythia Novianty
Pejabat AS Bantah Pernyataan Bos Apple Salahkan Ketegangan AS dan Cina
CEO Apple, Tim Cook. (Shutterstock)

Suara.com - Pekan lalu, Tim Cook menyalahkan sebagian penjualan iPhone Apple yang lemah akibat meningkatnya ketegangan antara AS dan Cina. Tetapi berbicara dengan CNBC hari ini, Sekretaris Perdagangan Presiden Trump, Wilbur Ross, telah menyanggahnya.

Sementara Ross mengakui bahwa pembicaraan perdagangan yang sedang berlangsung antara kedua negara tidak dapat dipungkiri mempengaruhi ekonomi Cina secara negatif, ia tampaknya percaya Apple tidak berdampak dengan situasi itu.

Kembali pada bulan November, Presiden Trump mengancam akan mengenakan tarif 10 persen atau 25 persen pada impor ponsel dari Cina, termasuk iPhone Apple. Tetapi seperti yang ditunjukkan oleh Sekretaris Perdagangan, ini belum terjadi. Faktanya, sejauh ini tidak ada tarif yang dikenakan untuk produk Apple.

Ross tidak secara langsung mengkonfirmasi pemikiran pribadinya tentang masalah ini, tetapi ia tampaknya menyarankan kinerja Apple yang lemah karena faktor-faktor lain. Salah satunya adalah strategi penetapan harga perusahaan. Selain itu, selama beberapa tahun terakhir, raksasa Cupertino ini telah menaikkan harga secara signifikan.

Di pasar maju seperti AS dan Eropa, strategi penetapan harga baru ini tidak mempengaruhi penjualan secara drastis. Tetapi di negara-negara seperti Cina dan India, membenarkan harga iPhone jauh lebih tinggi ketika perangkat Android yang bagus tersedia untuk dibeli dengan harga lebih murah. [Phonearena]

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini