Rabu, 16 Januari 2019

Kementerian Kominfo Dukung Bukalapak Kembangkan Drone

Rencana pengembangan drone itu merupakan salah satu terobosan yang ingin dibuat Bukalapak melalui fasilitas riset dan pengembangan di Bandung.

Suara.Com
Liberty Jemadu
Kementerian Kominfo Dukung Bukalapak Kembangkan Drone
Presiden Joko Widodo menyampaikan sambutan saat menghadiri Perayaan HUT ke-9 Bukalapak di Jakarta, Kamis (10/1). [Antara/Puspa Perwitasari]

Suara.com - Pendiri dan CEO Bukalapak Achmad Zaky mengungkapkan bahwa saat ini perusahaan rintisannya tengah menguji coba drone sebagai bukti ketertarikan marketplace tersebut terhadap Internet of Things.

"IoT drone kita sedang experimen di skala kecil, tapi memang tidak mudah, nanti kita lihat," ujar Zaky dalam temu media sebelum acara perayaan HUT ke-9 Bukalapak di JCC Senayan, Kamis (10/1).

Drone yang akan dikembangkan itu, terang Zaky, akan dimanfaatkan sebagai kendaraan logistik ringan. Untuk mengantar atau menjemput paket yang dijual atau dibeli pelanggan Bukalapak.

Menanggapi rencana Bukalapak itu, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara , yang juga ditemui di sela perayaan HUT ke-9 Bukalapak mendukung hal tersebut.

Rudiantara mengatakan bahwa inovasi yang coba dilakukan Bukalapak tersebut dapat difasilitasi dengan Peraturan Menteri tentang uji coba teknologi yang berlaku selama satu tahun dan dapat diperpanjang satu tahun lagi.

Hal itu dilakukan untuk mendorong agar semua orang berinovasi.

"Aturan itu dibuat tidak boleh mengkerdilkan pengembangan bisnis, justru aturan dibuat harus memfasilitasi pengembangan bisnis," kata Menkominfo seperti dilansir Antara.

"Dan, kalau baru, jangan diregulasi apa-apa nanti orang susah, biar berkembang dulu. Kalau sudah besar, baru kita tata lagi," tambah dia.

Adapun rencana pengembangan drone itu merupakan salah satu terobosan yang ingin dibuat Bukalapak melalui fasilitas riset dan pengembangan di Bandung, Jawa Barat. Selain drone, Bukalapak juga berencana mendirikan toko atau gerai tanpa mempekerjakan manusia.

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini