Sabtu, 19 Januari 2019

Pamer Starship, Roket Prototipe Misi ke Bulan dan Mars

CEO SpaceX, Elon Musk, memamerkan roket prototipe dengan merilis foto-foto pertama dari roket terbaru yang disebut dengan Starship Hopper.

Suara.Com
Dythia Novianty | Lintang Siltya Utami
Pamer Starship, Roket Prototipe Misi ke Bulan dan Mars
Tampilan Starship. [Twitter/@elonmusk]

Suara.com - CEO SpaceX , Elon Musk , memamerkan roket prototipe dengan merilis foto-foto pertama dari roket terbaru yang disebut dengan Starship Hopper. Roket tersebut nantinya akan digunakan dalam misi perjalanan ke Bulan dan Mars.

Elon Musk memosting foto tersebut dalam akun Twitternya yang menjelaskan bahwa roket tersebut akan melakukan uji penerbangan di Texas dalam beberapa minggu mendatang.

"Uji penerbangan roket Starship baru saja selesai perakitan di situs peluncuran @SpaceX Texas. Ini adalah gambar yang sebenarnya, bukan rendering," tulis Elon Musk dalam kolom keterangan

Prototipe yang dibangun di Boca Chica, Texas, memiliki diameter sembilan meter namun lebih pendek. Starship merupakan inkarnasi dari pesawat luar angkasa yang sebelumnya dikenal sebagai Big Falcon Rocket atau BFR.

Elon Musk mengatakan bahwa Starship dapat melakukan pengisian bahan bakar dan dapat digunakan berkali-kali. Roket tersebut dapat dipasangkan dengan roket pendorong super besar yang dikenal sebagai Super Heavy.

Dilansir dari Geek Wire, roket baru Elon Musk tersebut terbuat dari baja tahan karat yang mengkilap. Bahan tersebut dipilih karena merupakan bahan terbaik bagi roket untuk melepaskan panas saat berada di atmosfer. Namun, tanpa adanya roket pendorong seperti Super Heavy, Starship hanya berfungi peluncuran jarak pendek dan latihan pendaratan roket di Bumi.

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini