Kamis, 24 Januari 2019

Apple Rilis Ponsel 5G Tahun Ini, Gunakan Model Samsung atau Mediatek

Apple mendekati Samsung dan Mediatek karena sengketa hukum dengan Qualcomm, perusahaan asal AS yang sebelumnya menjadi pemasok modem utama Apple, tak kunjung rampung.

Suara.Com
Liberty Jemadu | Tivan Rahmat
Apple Rilis Ponsel 5G Tahun Ini, Gunakan Model Samsung atau Mediatek
Ilustrasi iPhone, ponsel buatan Apple dan gawai bermerek Samsung. [Shutterstock]

Suara.com - Apple dikabarkan akan meluncurkan iPhone dengan teknologi jaringan 5G pada 2019, lebih cepat dari rencana sebelumnya pada 2020 dan untuk mewujudkan rencana itu Apple akan menggunakan modem buatan Samsung atau Mediatek .

Seperti dilansir Reuters akhir pekan lalu, Apple sudah bertemu Samsung dan Mediatek untuk meminta dua perusahaan itu memasok chip modem 5G bagi iPhone yang bakal disiapkan di 2019.

Tony Blevins, salah satu eksekutif Apple yang mengurus soal pasokan komponen, Apple sudah berbicara dengan Samsung dan MediaTek untuk memasok modem 5G bagi iPhone baru di 2019.

Blevins mengungkapkan itu ketika bersaksi dalam sidang sengketa antara Apple vs Qualcomm di sebuah pengadilan di San Jose, California, AS akhir pekan lalu.

Ia mengatakan bahwa Samsung dan Mediatek menjadi pilihan karena sengketa hukum dengan Qualcomm, perusahaan asal AS yang sebelumnya menjadi pemasok modem utama Apple, tak kunjung rampung.

Apple menggugat Qualcomm karena menilai produsen chip itu meminta royalti terlalu banyak atas paten yang digunakan Apple produk-produknya.

Khusus untuk opsi kerjasama dengan MediaTek, kabar ini mungkin tidak terlalu mengejutkan. Pasalnya pada 2017 lalu, sempat tersiar kabar bahwa Apple akan berkolaborasi dengan MediaTek, namun urung terjadi karena Apple lebih memilih Intel.

Sedangkan untuk Samsung, seandainya Apple benar-benar akan menjalin kerjasama dengan vendor asal Korea Selatan itu, modem yang akan digunakan untuk iPhone 5G kemungkinan besar adalah Exynos Modem 5100 yang merupakan modem 5G pertama yang memenuhi standar 3GPP. (Reuters/Ubergizmo]

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini