Thailand Semprotkan Air Gula untuk Lawan Polusi Udara

Polusi udara di kota Bangkok semakin memburuk, ini langkah yang dilakukan pemerintah.

Suara.Com
Agung Pratnyawan
Thailand Semprotkan Air Gula untuk Lawan Polusi Udara
Ilustrasi polusi udara. [shutterstock]

Suara.com - Banyak cara untuk melawan polusi udara dilakukan, namun belum ada yang seunik Thailand. Pemerintah kota Bangkok, Thailand menyemprotkan air gula ke langit.

Sekilas terdengar seperti guyonan, namun pemerintah kota Bangkok percaya kalau air gula dapat digunakan untuk melawan polusi udara. Tapi bagaimana bisa?

Baca Juga : Gawat, Polusi Udara Bisa Pengaruhi Tingkat Kecerdasan Kita

Dilansir dari odditycentral (29/1/2019), pemerintah kota Bangkok menyemprotkan air dengan kandungan gula di dalamnya ke atmosfer.

Beberapa media lokal Thailand juga melaporkan langkah pemerintah kota Bangkok ini dalam melawan polusi udara dengan menyemprotkan air gula ke langit.

Gagasan di balik cara aneh ini adalah meningkatkan viskositas air menggunakan gula. Hal ini dipercaya dapat menjebak partikel berbahaya ketika disemprotkan ke udara.

Thailand semprotkan air gula ke langit untuk lawan polusi udara. (YouTube/BEC-Tero)
Thailand semprotkan air gula ke langit untuk lawan polusi udara. (YouTube/BEC-Tero)

Nampak dalam sebuah video menampilkan sebuah mobil pemadam kebakaran Thailand dengan sebuah alat menyemprotkan air ke langit. Air ini disebut mengandung gula di dalamnya.

Namun cara lawan polusi udara dengan air gula ini dianggap berbahaya oleh sejumlah ahli. Bahkan ahli dari Thailand sendiri meragukannya keampuhannya.

Baca Juga : Filipina Rencanakan Kota Bebas Polusi dengan Teknologi Canggih

Dr. Weerachai Putthawong, ahli kimia organik dari Universitas Kasetsart, mengatakan kepada Workingpoint News kalau ia meragukan akan cara ini.

Menurut Dr. Weerachai Putthawong, penyemprotan air gula ke langit ini tidak lebih baik dari air biasa. Karena peningkatan viskositas cairan tidak akan membuat banyak perubahan.

Ini dikarenakan alat penyemprot yang digunakan tidak cukup mampu membuat tetesan air yang sangat kecil untuk menangkap debu dan partikel berukuran 2,5 mikron.

Mesin yang saat ini digunakan untuk menyemprot air gula ini hanya mampu menangkap partikel yang berukuran hingga 10 mikron saja.

Baca Juga : Kecanduan Smartphone, Bocah 4 Tahun Ini Harus Operasi Mata

Bukannya menangkap partikel berbahaya di udara, cara ini malah berbahaya. Karena air gula dapat menyebabkan permukaan tanah lebih mudah tumbuh jamur.

Karena zat aditif organik seperti air gula ini memungkinkan bakteri dan jamur berkembang lebih cepat.

Dengan menyemprotkan air gula ke langit, bisakah Thailand melawan polusi udara di Bangkok? Atau malah memicu tumbuhnya jamur? (HiTekno.com)

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini