Ini Hasil Akhir Pengembalian Hak Pelanggan Bolt dan First Media

Apa tindakan Kementerian Komunikasi dan Informatika terkait mengakhiri penggunaan pita frekuensi PT ini?

Suara.Com
Silfa Humairah Utami | Tivan Rahmat
Kemkominfo mengapresasi kedua operator yang memenuhi permintaan pemerintah untuk mengutamakan hak-hak pelanggan. (Dok: Kemkominfo)
Kemkominfo mengapresasi kedua operator yang memenuhi permintaan pemerintah untuk mengutamakan hak-hak pelanggan. (Dok: Kemkominfo)

Suara.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) bersama Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) melakukan pemantauan terhadap pelaksanaan pengembalian pulsa dan kuota milik pelanggan serta hak-hak pelanggan lainnya yang masih ada di PT Internux (Bolt) dan PT First Media, Tbk.

Sebelumnya, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara telah memberikan putusan bahwa kedua operator harus mengakhiri penggunaan pita frekuensi 2,3 GHz dan mengembalikan hak-hak pelanggan mereka.

Terkait putusan tersebut, kedua operator pun menyepakati bahwa hari terakhir pengembalian hak-hak pelanggan mereka jatuh pada hari Kamis (31/1/2019).

Berdadarkan hasil pantauan Kementerian Kominfo dan BRTI per Kamis (31/1/2019), pengembalian hak pelanggan (refund) telah selesai dilakukan untuk 11.766 pelanggan dengan nilai Rp 10.368.608.982. Kedua operator menyediakan pengembalian hak pelanggan melalui gerai dan online.

Dalam keterangan resminya pada Sabtu (2/2/2019), Kemkominfo mencatat proses refund melalui gerai dilakukan oleh 10.284 pelanggan dengan total pengembalian uang senilai Rp 8.959.481.491. Adapun refund via online dilakukan oleh 1.482 pelanggan dengan total uang senilai Rp 1.409.127.491.

Karena Bolt dan First Media telah melakukan kewajibannya dengan baik, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) mengapresasi kedua operator yang memenuhi permintaan pemerintah untuk mengutamakan hak-hak pelanggan.

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini