Tingkat Kecanduan Internet Orang Indonesia Kelima Tertinggi di Dunia

Orang Indonesia masuk ke dalam daftar negara yang masyarakatnya paling aktif internetan di dunia.

Suara.Com
Dythia Novianty | Tivan Rahmat
Tingkat Kecanduan Internet Orang Indonesia Kelima Tertinggi di Dunia
Ilustrasi browsing internet. [Pixabay]

Suara.com - Orang Indonesia masuk ke dalam daftar negara yang masyarakatnya paling aktif menggunakan internet di dunia. Fakta tersebut belum lama ini diungkap via laporan HootSuite dan We Are Social.

Berrsama Thailand dan Filipina, Indonesia berada di lima besar yang warga negaranya kecanduan berselancar di dunia maya. Asia Tenggara menjadi salah satu regional dengan penduduk yang paling ketagihan dengan internet.

Detilnya, warga Filipina berada di puncak karena dalam sehari, mereka menggunakan layanan internet selama 10 jam 2 menit. Di urutan kedua, ada warga negara Brasil yang berselancar selama 9 jam 29 menit dalam satu hari.

Sementara itu, Thailand menempati posisi ketiga dalam daftar ini. Sehari, warga di Negeri Gajah Putih rata-rata menghabiskan waktu selama 9 jam 11 menit.

Di urutan keempat, ada Kolombia yang warganya mengakses internet selama 9 jam dalam sehari. Sedangkan Indonesia sendiri berada di posisi kelima. Warganet di tanah air rata-rata menghabiskan waktu sekitar 8 jam 36 menit untuk berselancar di jagat maya.

Secara keseluruhan, negara-negara di Benua Asia cukup menarik perhatian karena warganya yang kecanduan internetan. India tercatat sebagai negara dengan pertumbuhan penggunaan internet paling besar di 2018.

Pasalnya, jumlah pengakses internet di Negeri Bollywood bertambah hampir 100 juta tahun lalu, atau nyaris mencapai dua kali lipat jumlah pengguna internet harian di China yang memilik penetrasi internet 41 persen.

Di sisi lain, Jepang menjadi negara yang warganya paling jarang menghabiskan waktu untuk online. Dalam sehari, warga di Negeri Matahari Terbit hanya mengakses internet sekitar 3 jam 45 menit saja.

Fakta lainnya, laporan yang ditulis oleh Simon Kemp ini juga menyebut bahwa 57 persen populasi global sudah terkoneksi dengan internet, dengan rataan online perharinya mencapai 6,5 jam.

"Lebih dari 360 juta orang terhubung dengan internet untuk pertama kalinya pada 2018, mencatatkan rata-rata lebih dari satu juta pengguna baru tiap hari," ujar Kemp seperti dilansir dari The Guardian, Minggu (3/2/2019).

Selain itu, Kemp juga mengatakan bahwa komunitas digital di seluruh dunia secara kumulatif akan menghabiskan waktu lebih dari 1,2 miliar tahun dalam menggunakan internet selama 2019.

Laporan tersebut juga menjelaskan tentang perangkat yang paling banyak digunakan untuk mengakses internet adalah ponsel. Sedangkan mayoritas tujuan warganet untuk berselancar di dunia maya adalah tampil eksis di media sosial.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini