Google Gunakan AI dalam Doodle Tahun Baru Imlek 2019

Doodle Tahun Baru Imlek ini menggunakan instalasi seni interaktif, hasilnya animasi digital.

Suara.Com
RR Ukirsari Manggalani | Lintang Siltya Utami
Google Gunakan AI dalam Doodle Tahun Baru Imlek 2019
Google Doodle Imlek 2019 [Google].

Suara.com - Google turut merayakan Tahun Baru Imlek 2019 yang jatuh pada 5 Februari lewat sebuah permainan interaktif yang juga disebut Shadow Art. Shadow Art ini berbentuk wayang kulit , juga muncul pada doodle di halaman awal pencarian.

Dalam permainan ini Google menggabungkan eksperimen AI dengan menggunakan kamera yang menghadap ke depan perangkat pengguna untuk menampilkan wayang kulit.

Wayang kulit China merupakan bentuk seni tradisional untuk mendongeng dengan menggunakan tokoh berbentuk siluet dan musik. Layaknya cara kerja wayang kulit pada umumnya, objek ini diletakkan di depan sumber cahaya dan diproyeksikan pada layar transparan.

Dalam doodle Tahun Baru Imlek 2019 Google menciptakan instalasi seni interaktif yang memanfaatkan TensorFlow dan TPU untuk mengenali gerakan tangan seseorang dan mengubah figur bayangan menjadi animasi digital dari 12 hewan zodiak China. Teknologi machine learning tadi telah digunakan Google pada tahun lalu.

Shadow Art Google menggunakan TensorFlow untuk menjalankan model pembelajaran mesin secara real time di perangkat apapun yang memiliki kamera menghadap ke depan. Dengan menyediakan link khusus, pengguna akan mendapatkan pengalaman untuk membentuk salah satu zodiak menggunakan tangan. Untuk membentuk bayangan hewan tersebut, Google juga telah menyediakan tutorial bagi pengguna.

Dilansir dari 9to5Google, Shadow Art tersedia dalam 11 varian bahasa yang muncul di Amerika Serikat, Kanada, Eropa, dan seluruh Asia.

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini