Sabtu, 16 Februari 2019

Messenger Kini Bisa Hapus Pesan Terkirim Seperti WhatsApp

Fitur baru ini mirip WhatsApp ini baru tersedia untuk pengguna Messenger di platform mobile, seperti iOS dan Android.

Suara.Com
Liberty Jemadu | Tivan Rahmat
Messenger Kini Bisa Hapus Pesan Terkirim Seperti WhatsApp
Ilustrasi aplikasi Facebook Messenger. [Shutterstock]

Suara.com - Setelah melewati tahap beta pada November lalu, kini Facebook Messenger benar-benar memperkenalkan fitur Remove for Everyone yang bisa dimanfaatkan pengguna untuk menghapus pesan yang telah dikirim.

Secara umum, fitur ini sendiri mirip dengan fitur penghapusan pesan yang dimiliki oleh WhatsApp . Dikutip dari The Verge pada Rabu (6/2/2019), fitur terbaru Facebook Messenger ini memungkinkan pengguna menghapus pesan dalam jangka waktu 10 menit setelah dikirim.

Ketika pengguna akan menghapus sebuah pesan, sistem akan memberikan dua pilihan menu, yaitu "Remove for Everyone" dan "Remove for You".

Jika pengguna memilih menu yang pertama, maka pesan akan terhapus di chat room dan tidak lagi bisa dilihat oleh penerima pesan. Nantinya, pesan yang telah dihapus ditandai label "(user) removed a message". Namun jika memilih "Remove for You", pesan yang dihapus hanya akan lenyap pada ruang chat pengirim pesan.

Selain itu, fitur ini juga berlaku untuk menghapus percakapan di grup. Untuk saat ini, fitur Remove for Everyone baru tersedia untuk pengguna Messenger di platform mobile, seperti iOS dan Android. Tapi untuk Messenger versi PC Desktop atau laptop, belum tersedia.

Sebelumnya, fitur ini pertama kali menjadi perhatian publik ketika pada April 2018 silam, pendiri sekaligus CEO Facebook, Mark Zuckerberg tertangkap basah menggunakan fitur tersebut di Messenger.

Namun saat itu, Mark berkilah bahwa fitur yang ia gunakan merupakan percobaan untuk meningkatkan keamanan privasi pengguna Facebook, setelah peristiwa email hacking yang menimpa Sony Pictures pada tahun 2014.

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini