Anti Mainstream, Begini Atraksi Barongsai dengan Kearifan Lokal

Tarian barongsai dalam sebuah video yang beredar di media sosial beda dari yang lain.

Suara.Com
Dythia Novianty | Lintang Siltya Utami
Anti Mainstream, Begini Atraksi Barongsai dengan Kearifan Lokal
Barongsai lokal. [Twitter]

Suara.com - Barongsai merupakan tarian tradisional China dengan menggunakan pakaian yang menyerupai singa dan biasanya, tarian barongsai ini diiringi dengan musik-musik khas China. Namun, berbeda dengan tarian barongsai dalam sebuah video yang beredar di media sosial, di mana barongsai tersebut menggunakan iringan lagu daerah.

Video yang diunggah akun Twitter @SukmaHapsari pada 4 Februari itu memperlihatkan dua barongsai berwarna kuning dan merah muda. Dalam video berdurasi 1 menit tersebut terdengar alunan lagu Nusa Tenggara Timur berjudul Maumere lalu setelah lagu selesai, dilanjutkan dengan lagu Gentleman yang dibawakan PSY.

"Ini barongsai paling Indonesia. Selamat Tahun Baru Imlek 2019," tulis Sukma Hapsari dalam kolom keterangan unggahannya.

Meski tidak dijelaskan di mana lokasinya, namun terlihat dari layar yang menjadi latar belakang dalam video tersebut memperlihatkan Spring Shopping Festival yang diselenggarakn pada 28 Januari hingga 10 Februari, di mana acara tersebut digelar di Lotte Shopping Avenue, Jakarta.

Video yang telah ditonton sebanyak lebih dari 11 ribu penayangan tersebut menuai beragam komentar dari warganet.

"Keren sekali," tulis pemilik akun dk8371sri.

"Barongsainya unyu-unyu. Sukaaa," komentar elsye_yoseph.

"Barongsai millennial," tambah KopralCebong.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini