Duel Ponsel Murah, Komparasi Asus Zenfone Max M2 vs Vivo Y93

Asus Zenfone Max M2 vs Vivo Y93 mana yang lebih menarik?

Suara.Com
Agung Pratnyawan
Duel Ponsel Murah, Komparasi Asus Zenfone Max M2 vs Vivo Y93
Asus Zenfone Max M2 vs Vivo Y93. (HiTekno.com)

Suara.com - Persaingan pasar ponsel murah tak kalah sengitnya, tak hanya bersaing harga tapi juga performa. Seperti persaingan ponsel Asus Zenfone Max M2 vs Vivo Y93.

Ponsel Asus Zenfone Max M2 vs Vivo Y93 sekilas memiliki beberapa fitur yang hampir mirip. Secara desain misalnya, tanpa logo dari kedua vendor pasti akan kesusahan untuk membedakan keduanya.

Baca Juga : Duel Oppo R17 Pro vs Huawei Mate 20, Smartphone Keren dengan Kamera Canggih

Namun, jika melihat dari sisi depan, sudah pasti dapat dipastikan perbedaan dua perangkat ini. Pasalnya, desain notch atau poni dari Asus Zenfone Max M2 berbeda dengan Vivo Y93.

Melihat perilisannya, kedua ponsel ini baru saja rilis pada akhir tahun 2018 lalu. Asus Zenfone Max Pro M2 rilis secara resmi pada Desember 2018, sedangkan Vivo Y93 lebih dulu datang pada November 2018.

Untuk mengatasi kebingungan ini, berikut ini komparasi Asus Zenfone Max M2 vs Vivo Y93 untuk menentukan mana yang lebih menarik dipinang.

Dapur Pacu

Asus Zenfone Max M2 vs Vivo Y93. (HiTekno.com)
Asus Zenfone Max M2. (Asus)

Asus Zenfone Max M2 membawa chipset dari Qualcomm Snapdragon 632 sedangkan Vivo Y93 hanya menggunakan chipset Mediatek Helio P22.

Melihat dari chipset yang digunakan, Asus Zenfone Max M2 lebih unggul karena datang dengan Snapdragon 632 yang punya performa lebih tinggi.

Baca Juga : Duel Smartphone Kamera Canggih, Oppo R17 Pro vs Samsung Galaxy A9

Pada skor AnTuTu, Asus Zenfone Max M2 mencetak skor 104.300. Sayangnya, Vivo Y93 hanya mampu mencetak skor 48.000.

Memori

Ponsel Asus Zenfone Max M2 datang dengan dua pilihan RAM dan memori internal yaitu RAM 3 GB dengan memori internal 32 GB dan RAM 4 GB dengan memori internal 64 GB.

Sedangkan Ponsel Vivo Y93 hanya membawa satu pilihan RAM yaitu 3 GB dan memori internal sebesar 32 GB.

Menyediakan slot memori eksternal, Asus Zenfone Max M2 memungkinkan penggunanya untuk menggunakan microSD sebesar 512 GB. Sedangkan Vivo Y93 hanya mendukung microSD sebesar 256 GB.

Body

Vivo Y93 VS Asus Zenfone Max M2. (Asus/Vivo)
Vivo Y93 VS Asus Zenfone Max M2. (HiTekno.com)

Asus Zenfone Max M2 dan Vivo Y93 memiliki desain body yang mirip, namun punya berat yang berbeda. Vivo Y93 ketenalan 8,3 mm, sedangkan Asus Zenfone Max M2 7,7 mm saja.

Soal material, keduanya datang dengan bahan berbeda, Vivo punya material kaca dibagian belakang dan warna gradiasi yang menarik. Sedangkan Asus menggunakan alumunium yang membuatnya tampil elegan. 

Baca Juga : Komparasi Asus Zenfone Max Pro M2 Vs Zenfone Max Pro M1

Punya desain kekinian, Vivo Y93 dirilis dengan tampilan gradiasi dengan warna starry black dan sunset red. Sedangkan Asus Zenfone Max M2 cenderung monoton dengan warna hitam dan biru.

Layar

Beralih ke layar, kedua perangkat ini sama-sama menggunakan layar berukuran 6,2 inci dengan rasio 19:9. Yang membedakan keduanya hanya pada desain poni.

Asus Zenfone Max M2 menggunakan poni melebar di atas, sedangkan Vivo Y93 tampil kekinian dengan poni waterdrop.

Soal resolusi, Asus Zenfone Max M2 dan Vivo Y93 punya ukuran yang sama yaitu 720 x 1520 piksel. 

Kamera

Asus Zenfone Max M2. (Asus)
Asus Zenfone Max M2. (Asus)

Ponsel Asus Zenfone Max M2 dan Vivo Y93 rupanya punya kamera dengan resolusi yang sama. Yaitu kamera belakang beresolusi 13 MP dengan bukaan f/2.2 dan 2 MP dengan bukaan f/2.4.

Untuk kamera depan, kedua perangkat ini membawa kamera beresolusi 8 MP dengan bukaan f/2.0.

Baca Juga : Asus Zenfone Max M2 vs Asus Zenfone Max M1, Upgrade Besar di Sektor Ini

Yang membedakan keduanya adalah fitur masing-masing perangkat. Asus Zenfone Max M2 unggul dengan berbagai fitur seperti fitur HDR dan kemampuan untuk merekam video beresolusi 4K.

Tidak ketinggalan, ponsel Vivo Y93 juga mempunyai fitur menarik. Kamera ini mampu menghasilkan efek bokeh yang setara dengan jepretan profesional.

Namun, kedua perangkat ini sama-sama sudah menyematkan teknologi kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence pada kamera masing-masing yang digunakan.

Baterai

Soal kapasitas baterai, Vivo Y93 rupanya sedikit lebih unggul dari Asus Zenfone Max M2. Pasalnya, Vivo menanamkan baterai dengan kapasitas 4.030 mAh. Sedangkan Asus Zenfone Max M2 datang dengan baterai berkapasitas 4.000 mAh.

Namun perbedaan kapasitas baterai 30 mAh ini tidaklah begitu berarti. Tinggal chipset mana yang lebih bisa mengoptimalkan penggunaan dayanya.

Harga

Harga Asus Zenfone Max M2 vs Vivo Y93. (Erafon)
Harga Asus Zenfone Max M2 vs Vivo Y93. (Erafon)

Tertarik menggunakan Asus Zenfone Max M2 dan Vivo Y93? Vivo Y93 dengan RAM 3 GB dan memori internal 32 GB dijual dengan harga Rp 2.499.000.

Baca Juga : Chipset Sama, Ini Perbandingan Asus Zenfone Max Pro M2 Vs Realme 2 Pro

Sedangkan Asus Zenfone Max M2 untuk pilihan RAM 3 GB dan memori internal 32 GB, dibanderol dengan harga Rp 2.099.000. Pilihan RAM 4 GB dan memori internal 64 GB dibanderol Rp 2.499.000.

Melihat perbandingan harga keduanya, kamu tinggal menyesuaikan dengan isi dompetmu ya. Jangan lupa juga untuk sesuaikan dengan spesifikasi yang kamu inginkan.

Kesimpulan

Asus Zenfone Max M2 vs Vivo Y93. (HiTekno.com)
Asus Zenfone Max M2 vs Vivo Y93. (HiTekno.com)

Soal performa, Asus Zenfone Max M2 terlihat lebih unggul dengan chipset Snapdragon 632 yang digunakan. Mengenai kamera, keduanya memang punya resolusi yang sama.

Beralih ke kapasitas baterai, Vivo Y93 lebih unggul namun cuma selisih sedikit saja. Soal ukuran layar, keduanya juga punya ukuran yang sama.

Soal desain, Vivo Y93 memang nampak lebih cantik bagi di bagian depan maupun belakangnya. Namun soal harga, nampaknya Asus Zenfone Max M2 lebih menarik.

Sama-sama ponsel murah, antara Asus Zenfone Max M2 vs Vivo Y93 mana yang lebih layak untuk dilirik? (HiTekno.com/Amelia Prisilia).

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini