Awas! Hacker Bisa Susupi Ponsel Kamu via Foto Berformat PNG

Ditemukan celah keamanan di sistem Android yang memungkinkan hacker untuk menyusupkan kode-kode malware dalam file foto berformat PNG.

Suara.Com
Liberty Jemadu | Tivan Rahmat
Awas! Hacker Bisa Susupi Ponsel Kamu via Foto Berformat PNG
Ilustrasi hacker atau peretas dan sebuah ponsel. [Shutterstock]

Suara.com - Tim keamanan Android dalam Android Security Bulletin menemukan sebuah fakta baru terkait celah keamanan pada ponsel berbasis Android. Mereka mengungkapkan bahwa kini seorang hacker bisa menyebarkan malware melalui perantara file foto dengan format PNG .

Sekadar pengigat, PNG merupakan satu format foto yang sering digunakan karena tingkat kompresinya yang lebih baik bila dibandingkan dengan file foto berformat JPG.

Pada laporan tersebut, mereka menemukan adanya celah di Android yang memungkinkan hacker untuk menyusupkan kode-kode malware dalam file foto. Kode malware itu baru akan bekerja ketika pengguna Android membuka foto tersebut.

Sedangkan Phone Arena mewartakan pada Senin (11/2/2019) bahwa efek yang ditimbulkan oleh malware tersebut bisa mengunci akses pemilik Android terhadap ponselnya tersebut.

Beruntung, tim keamanan Android sudah bisa menemukan antivirus untuk memproteksi malware tersebut dalam update Security Android keluaran terbaru.

Selain itu, mereka juga menganjurkan bahwa sistem operasi pada ponsel sebaiknya selalu diperbarui secara reguler. Pasalnya, ancaman malware bisa masuk ke celah keamanan ponsel kapan saja.

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini