Minggu, 17 Februari 2019

Penjualan Xiaomi di Tanah Kelahirannya Jeblok

Penjualan ponsel Xiaomi di luar China menuai hasil positif, namun tidak di tanah kelahirannya.

Suara.Com
Dythia Novianty | Tivan Rahmat
Penjualan Xiaomi di Tanah Kelahirannya Jeblok
Ilustrasi salah satu kantor Xiaomi. [Shutterstock]

Suara.com - Penjualan ponsel Xiaomi di luar China menuai hasil positif, namun catatan terbalik justru didapat dari penjualan di 'kandang' mereka sendiri.

Menurut hasil riset IDC pada kuartal III / 2018, terdapat beberapa vendor ponsel yang mengalami penurunan penjualan. Penjualan ponsel besutan Apple, menurun 19,9 persen bila dibandingkan dengan penjualan produk di periode yang sama di tahun sebelumnya.

Tapi, catatan Apple tersebut rupanya lebih baik ketimbang Xiaomi. Kendati berstatus sebagai tuan rumah, pabrikan berbasis di China itu tidak mampu meningkatkan penjualan mereka di 3 bulan terakhir tahun 2018. Bahkan, penjualan mereka anjlok 34,9 persen karena hanya berhasil menjual 10,3 juta unit ponsel saja.

Sedangkan vendor yang menguasai pasar ponsel di Negeri Tirai Bambu ditempati oleh Huawei dengan kenaikan penjualan 23,3 persen dan market share 29 persen. Sedangkan Oppo, Vivo, Apple serta Xiaomi menguntit di posisi kedua hingga kelima.

"Di antara lima vendor terbesar itu, Huawei adalah pemenang terbesar di pasar domestik," sebut IDC seperti dilansir dari Caixing Global, Selasa (12/2/2019).

Menurut analisa IDC, anjloknya penjualan Xiaomi dipengaruhi oleh beberapa faktor, termasuk penyesuaian model produk dan masalah internal perusahaan.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini