Google Gandeng Insiyur Qualcomm dan Intel, Niat Bikin Chip Sendiri ?

Google dikabarkan tengah membangun tim insinyur baru, sebagai upayanya merancang smartphone dan chip sendiri.

Suara.Com
Dythia Novianty | Lintang Siltya Utami
Ilustrasi logo Google. (Shutterstock)
Ilustrasi logo Google. (Shutterstock)

Suara.com - Google dikabarkan tengah membangun tim insinyur baru, sebagai upayanya merancang smartphone dan chip sendiri. Menurut kutipan The Verge dari Reuters, tim insinyur tersebut berisi setidaknya 16 insinyur dan empat perekrut, di mana di antaranya berisi insinyur dari Intel, Qualcomm, dan Nvidia.

Para insinyur dikabarkan akan ditempatkan di Bengaluru, India. Menurut sebuah pemeriksaan baru-baru ini dari situs web karier perusahaan, Google dikabarkan memiliki 13 postingan pekerjaan terkait perekrutan untuk pengerjaan chip di Bengaluru.

Selama hampir satu dekade, Apple dan Google telah menghadirkan lebih banyak desain chip in-house, dimulai dengan prosesor A4 Apple untuk iPhone dan chip khusus untuk grafik serta gambar pada perangkat dan pemrosesan kecerdasan buatan.

Sejak tahun 2014, Google juga telah merancang chip server komputer untuk pusat data dan chip pemrosesan gambar untuk smartphone Pixel. Tujuannya adalah untuk menciptakan perangkat yang lebih kuat dan efisien dengan menyesuaikan komponen kunci.

Amazon, Microfost, Apple, dan Facebook, masing-masing telah meluncurkan upaya desain chip serupa, yang membantu perusahaan-perusahaan tersebut memangkas biaya dan mengurangi ketergantungan pada pihak ketiga.

Sayangnya, pihak Google enggan memberikan komentar mengenai hal ini. Namun, jika upaya Google berjalan dengan baik dan tim insinyurnya semakin berkembang, kemungkinan Google dapat melepaskan diri dari lini Snapdragon Qualcomm di masa depan.

Komentar

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini