Ilmuwan Berencana Buat Stasiun Luar Angkasa di Atas Asteroid!

Para ilmuwan kini tak lagi menganggap asteroid sebagai sebuah hal yang menakutkan.

Suara.Com
Dythia Novianty | Tivan Rahmat
Ilustrasi asteroid. (Shutterstock)
Ilustrasi asteroid. (Shutterstock)

Suara.com - Para ilmuwan kini tak lagi menganggap asteroid sebagai sebuah hal yang menakutkan. Bahkan, mereka menjadikan asteroid sebagai lahan tambang untuk menghasilkan pundi-pundi kekayaan.

Tak sampai disitu saja, sekelompok ilmuwan dari University of Vienna, Austria, sudah memiliki ide gila dengan berencana mengubah asteroid menjadi sebuah stasiun luar angkasa. Mereka berencana menambangnya dari dalam asteriod menuju permukaan.

Meski terkesan 'edan', namun para ilmuwan memiliki alasan tercetusnya ide tersebut. Menurut mereka, asteroid memiliki tingkat gravitasi yang rendah. Artinya, asteroid akan bergerak menjauh jika diberikan gaya yang terlalu besar.

Oleh karena itu, pembangunan stasiun luar angkasa harus berpijak pada tipe asteroid yang terbuat dari batu padat dan berputar beberapa kali tiap menitnya. Putaran yang dinamis nantinya akan memberikan gaya sentrifugal yang cukup dalam, sehingga memungkinkan penambang asteroid menggali dari dalam ke luar.

"Jika kami menemukan asteroid yang cukup stabil, kami mungkin bisa menggunakan seluruhnya untuk menjadi stasiun luar angkasa," ungkap Thomas Maindl, salah satu ilmuwan yang terlibat dalam penelitian ini, seperti yang kutip dari Futurism, Rabu (13/2/2019).

Namun, proses penambangan asteroid mungkin baru akan terjadi pada 20 tahun mendatang.

"Biarkan hal seperti ini berjalan sendiri," tutup Maindl.

Terlepas dari ide gila yang diungkapkan Maindl terkait penambangan asteroid untuk membangun stasiun luar angkasa, sejumlah ilmuwan lainnya mempertanyakan beberapa hal. Contohnya, apakah penggalian asteroid dari dalam tidak akan membuat asteroid hancur berantakkan? Atau, apakah putaran asteroid itu akan tetap berlangsung selama proses penggalian?

Komentar

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini