Viral, Misteri Jam 2 Pagi Ditelepon Nomor Sendiri

Cari tahu di mesin pencari Google, malah bertemu sebuah situs mistis.

Suara.Com
Rendy Adrikni Sadikin
Viral, Misteri Jam 2 Pagi Ditelepon Nomor Sendiri
Ilustrasi aksesoris handphone. (Shutterstock)

Suara.com - Sebuah thread di jejaring sosial Twitter memantik perhatian warganet. Seorang pengguna Twitter berkicau ditelepon nomornya sendiri.

Thread tersebut dikicaukan oleh pengguna Twitter alias Tweeps yang memakai akun @gitaputri25, pada 1 Maret 2019 silam.

Dalam thread tersebut, akun @gitaputri25 mengaku ditelepon oleh nomornya sendiri pada 28 Februari pukul 01.53 dini hari WIB.

Berikut isi threadnya seperti dikutip oleh Suara.com dan sudah dalam proses penyuntingan, Senin (4/3/2019).

"Jadi ini kejadiannya persis baru kemarin hari kamis tanggal 28 februari jam 01.53 WIB (pagi). Awal ceritanya itu kebetulan aku belum tidur jam 1 pagi karena masih bercanda-canda sama temen lewat chat WA (baca: WhatsApp--RED). Nggak lama kemudian, dia video call (VC) tuh lewat WA (cewek loh ya) aku angkat tuh."

"Nah di sini tumben banget aku ngangkat VC dan jam 1 pagi bayangin? Karena aku bukan tipe orang yang suka FC/VC, lebih enak lewat chat aja gitu kalau aku. Nah, kita VC sampai hampir 1 jam-an tuh (53 menit kalo nggak salah) kita VC sambil bercanda ketawa-tawa gitu hahahihi lumayan kenceng juga. Karena udah hampir jam 2 pagi akhirnya aku minta udahan emang udah ngantuk juga."

"Udah tuh kita udahan VC-nya. Nggak lama kemudian. Pas banget aku mau tidur tiba-tiba HP bunyi! Ada panggilan video call, kaget dong siapa yang video call pagi-pagi buta gini, udah gitu VC lewat nomor bukan pake app kaya WA atau Line."

"Itu HP bunyi lumayan lama sampai akhirnya aku matiin karena nggak berani ngangkat. Eh nggak lama pas abis dimatiin tiba-tiba HP bunyi lagi ada panggilan telepon, tapi nelpon biasa. Masih dibiarin karena takut, siapa yang nggak takut coba ditelepon jam 2 pagi??"

"Pas dipikir-pikir kok ini nomor kaya kenal +62*********367 belakangnya 67 nggak lama habis mikir langsung dimatiin lagi tuh. Langsung ngecek nomor sendiri tuh kan.. Eehh nggak tahunya itu emang nomor SIM 2 aku. Nih yang pertama panggilan video, yang kedua telepon biasa jam 01.53."

[Pembuat thread melampirkan tangkapan layar ponsel miliknya, lengkap dengan bukti nomor telepon yang menghubunginya]

"Jadi HP aku tuh bisa 2 SIM kan, SIM 1 buat emang nomor pribadi udah lama dipakai buat WA/Line/Gmail, dll, nah SIM 2 ini dipakai buat internetan doang jadinya emang nggak ada yang tahu nomor aku yang ini dan aku sendiri nggak hapal nomor ini. Nah udah gitu ini nomor nelepon ke nomor sendiri bukan dari SIM 1 ke SIM 2, tapi SIM 2 ke SIM 2, ngerti nggak? Jadi ya emang nelepon ke nomor sendiri gituuuu, padahal emang 2 nomor ini ada di HP yang sama."

"Udah. Dari situ, aku benar-benar merinding nggak tahu harus ngapain langsung pindah kamar ikut tidur sama kakak, takut tidur sendiri karena emang perasaan udah nggak enak samsek [baca: sama sekali--RED]. Udah pindah, langsung tuh maksain buat tidur walaupun masih kepikiran masalah yang nelepon dan nggak bisa tidur juga tapi memaksakan diri buat tidur."

"DANNN KALIAN TAUUUU!! DEMI APAPUN AKU MERINDING SAMBIL NGETIK INI GEMETERANN. Di sela-sela bikin thread ini, nomornya nelepon lagi. Coba buat teman-teman semuanya, adakah yang pernah ngalamin kaya gini?"

Akun @gitaputri25 mencoba mencari tahu mengenai fenomena ini, mulai dari bertanya ke situs pencari Google hingga menemukan cerita mistis di balik fenomena tersebut.

"Udah coba nyari penjelasan dari Google kenapa bisa nelepon ke nomor sendiri, tapi nggak nemu jawaban. Malah nemu cerita kaya gini di internet [sambil menyisipkan laman situs mistis yang ditemukan]."

Pun akun @gitaputri25 mencoba menghubungi pihak operator pemilik nomornya yakni Telkomsel. Dia bertanya melalui akun Twitter miliknya.

"@Telkomsel halo ka, mau nanya mungkin nggak kalau kita ditelepon sama nomor sendiri? Soalnya dari kemarin sudah 2 kali ditelepon sama nomor sendiri dan hari ini 1 kali, nggak berani diangkat karena takut. Gimana ya?" tanya akun @gitaputri25.

Akun resmi milik Telkomsel, @Telkomsel, pun menjawab dengan cuitan sebagai berikut:

"Hai Mbak Gita. Mengenai melakukan panggilan ke nomor sendiri dengan nomor yang sama tidak dapat dilakukan karena keterangan yang akan didapat 'panggilan sedang sibuk'. Silakan infokan nomor yang digunakan dan capture log panggilan masuk melalui DM [direct message--RED] agar dicek."

Akun @gitaputri25 mengirimkan nomor tersebut ke operator Telkomsel melalui pesan singkat dan mendapatkan balasan dari sang operator.

"Udah ada balasan dari Telkomsel gini katanya, tadi juga udah nelepon dan direkam panggilannya. Kalo mau ngirim rekaman bisa nggak? Gimana caranya??"

Begini balasan dari Telkomsel melalui pesan singkat:

"Baik, Mbak Gita, Beberapa saat yang lalu sudah dibantu melalui panggilan langsung. Mohon berkenan menonaktifkan fitur Call Forward/pengalihan panggilan terlebih dahulu dengan cara dial ##002#. Apabila suatu saat terjadi lagi, silakan menghubungi kembali agar dapat dibantu pelaporan. Terima kasih."

Tidak puas dengan jawaban soal pengalihan panggilan, pemilik thread mencoba menghubungi temannya terkait pengalaman atas kasus serupa.

Jika pemilik thread mengaktifkan pengalihan panggilan, yang muncul semestinya nomor penelpon bukan malah nomor yang ditelepon. Dalam kasus ini, nomor yang ditelepon merupakan pemilik thread.

"Nah aku nggak menemukan jawaban dari isi percakapan sama mas-mas Telkomsel, karena iya juga kan masa kalo pengalihan panggilan yang muncul nomor sendiri? Gimana sih aku juga nggak ngerti sama maksud dari mas-masnya. Kan aku nanyanya kenapa bisa ditelepon sama nomor sendiri, terus kata masnya itu tidak memungkinkan. Yaudah mungkin jawabannya cukup sampe di situ."

"Yaudah sekarang mikirnya positive thinking aja mungkin emang HP akunya yang error, jadinya kaya gitu. Kayanya threadnya cukup sampe di sini, ternyata dari temen-temen juga banyak yang ngalamin kejadian kaya gini. Jadi tidak hanya aku sendiri."

"Sekarang nomor SIM 2-nya lagi di nonaktifin, nggak tahu bakal diganti apa nggak? Kalau ada yang minta 'kalau' nanti ditelepon lagi diangkat aja, kayanya aku nggak bisa. Aku penakut soalnya nggak cukup mental kalo ada hal hal yang nggak diinginkan."

Kamu pernah mengalaminya guys?

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini