Sony Resmi Hentikan Produksi PS Vita

Sony secara resmi menghentikan produksi konsol PlayStation Vita (PS Vita).

Suara.Com
Dythia Novianty | Lintang Siltya Utami
Sony Resmi Hentikan Produksi PS Vita
Sony PS Vita. [YouTube/@PlayStation]

Suara.com - Sony secara resmi menghentikan produksi konsol PlayStation Vita (PS Vita). Sebetulnya kabar pemberhentian tersebut terdengar sejak September 2018 lalu.

Dilansir dari Polygon, Sony juga telah berhenti mempublikasikan penjualan konsol tersebut dalam laporan sejak tahun 2013, sehingga tidak ada angka resmi mengenai jumlah penjualan yang diraih PS Vita selama 7 tahun sejak peluncurannya. Namun, perkiraan oleh pihak ketiga, PS Vita berhasil terjual sekitar 10 hingga 15 juta unit.

Sony juga dilaporkan telah berhenti membuat game untuk konsol PS Vita sejak tahun 2015. PS Vita yang asli (PCH-1000) sendiri pertama kali meluncur di Jepang pada 17 Desember 2011 dan di Amerika Utara pada 15 Februari 2012. Kemudian Sony mengeluarkan model yang direvisi menjadi lebih ramping (PCH-2000) pada tahun 2013 dan 2014.

Sony PS Vita. [PlayStation]
Sony PS Vita. [PlayStation]

Sayangnya, PS Vita harus berjuang melawan permainan video seluler yang lebih populer saat itu dan hal tersebut membuat Sony harus bekerja jauh lebih keras untuk meyakinkan orang agar membeli konsol gamenya. PS Vita sendiri dulu juga dikeal sebagai platform portabel untuk game indie. Namun, sejak dirilisnya Nintendo Switch, Nintendo sekarang menjadi konsol untuk pemain dan pengembang game indie, meninggalkan PS Vita.

Sementara itu, menurut laporan dari The Verge, Hiroyuki Oda selaku Wakil Presiden Senior untuk Sony Interactive Entertainment mengatakan bahwa pihaknya untuk saat ini tidak memiliki rencana untuk mengeluarkan perangkat terbaru sebagai pengganti PS Vita.

Komentar

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini