Grab Bangun Pusat Riset di BSD City

Sinar Mas Land bekerjasama dengan Grab akan memaksimalkan teknologinya untuk membangun infrastruktur digital.

Suara.Com
Dythia Novianty | Tivan Rahmat
Grab Bangun Pusat Riset di BSD City
Ilustrasi 'smart city'. [Shutterstock/Dzianis]

Suara.com - Sinar Mas Land bekerjasama dengan Grab akan memaksimalkan teknologinya untuk membangun infrastruktur digital dan meningkatkan taraf hidup masyarakat di kawasan BSD City.

"Kami sangat senang bisa bekerjasama dengan Sinar Mas Land untuk meningkatkan kewirausahaan digital di kawasan BSD City," ujar Presiden Grab Indonesia, Rdizki Kramadibrata, di ICE BSD, Tangerang Selatan, pada Senin (4/3/2019).

Menurut Ridkzi, konsep integrated smart city baru akan berjalan ketika masyarakat dalam sebuah kawasan bisa memaksimalkan keberadaan teknologi terbaru.

"Smart city membutuhkan berbagai layanan untuk meningkatkan kualitas hidup dan kenyamanan aktivitas kehidupan sehari-hari," imbuhnya.

Sebagai bagian dari kerja sama ini, Grab akan membangun Grab Innovation and Engineering Lab untuk memusatkan penelitian dan pengembangan inovasi di GOP 9, BSD City.

Nantinya, pusat riset ini akan dimaksimalkan untuk menggunakan teknologi kecerdasan buatan (AI) agar bisa menciptakan sistem transportasi yang cerdas dan tertata.

Sedangkan mengenai cakupan kerja sama antara Sinar Mas Land dan Grab, kedua pihak sepakat untuk berkolaborasi dalam tiga proyek.

Proyek pertama, menjalankan metode pemetaan daerah BSD City untuk memudahkan penumpang menentukan titik penjemputan dan pengantaran yang lebih akurat.

Smart city, Grab kerja sama dengan Sinarmas di BSD, Tangerang, Senin (4/3/2019). [Suara.com/Tivan Rahmat]
Smart city, Grab kerja sama dengan Sinarmas di BSD, Tangerang, Senin (4/3/2019). [Suara.com/Tivan Rahmat]

Kedua, melakukan uji coba Personal Mobility Devices (PMD) yang dapat menjadi sarana transportasi personal jarak dekat dengan biaya terjangkau.

Ketiga, melakukan program pilot solusi mobilitas berbagi di kawasan BSD City, termasuk mengembangkan kendaraan otonom dan mobil listrik.

Selain itu, Grab juga akan menggelar program Grab Ventures Velocity yang memberikan serangkaian pelatihan kepada para pelaku startup untuk meningkatkan bisnis mereka.

Bagi startup terpilih, mereka berkesempatan untuk mengembangkan bisnis mereka dan bergabung dalam aplikasi Grab.

Komentar

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini