Stephen Hawking Andalkan VR Bantu Ungkap Misteri Lubang Hitam

Pengalaman realitas virtual yang dibuat bekerja sama dengan Profesor Stephen Hawking akan membantu anak-anak memahami kompleksitas lubang hitam.

Suara.Com
Dythia Novianty
Stephen Hawking Andalkan VR Bantu Ungkap Misteri Lubang Hitam
Stephen Hawking di New York. [AFP]

Suara.com - Pengalaman realitas virtual yang dibuat bekerja sama dengan Profesor Stephen Hawking akan membantu anak-anak memahami kompleksitas lubang hitam. Hal ini disampaikan putri mendiang fisikawan itu, Lucy.

Pengalaman VR yang akan datang di mana Prof Hawking memandu pengguna dalam perjalanan melalui ruang dan waktu. Kedua anaknya, Lucy dan Tim, berbagi harapan mereka bahwa hal itu akan menginspirasi lebih banyak anak muda untuk mengejar karir di bidang sains.

"Sepanjang karirnya, dia memperbarui penggunaan berbagai jenis media dan realitas virtual sangat penting baginya untuk tetap menggunakan teknologi baru ini karena dia ingin orang-orang muda untuk terlibat dalam pekerjaannya, dan dia mengerti bahwa untuk melakukan itu Anda harus pergi ke mereka, tidak hanya berharap mereka datang kepada Anda, dan jadi saya pikir ini hanyalah proyek yang luar biasa," kata Hawking di sebuah acara yang diadakan di London's Science Museum.

Masyarakat yang melihatnya akan menyadari bahwa mereka dapat mengerti. Terkadang ada masalah dengan fisika, tentu mereka berpikir bahwa mereka tidak bisa mengerti karena terlalu rumit.

Kini melalui VR adalah portal ke dunia itu dan dapat membuatnya semakin menarik.

Prof Hawking, yang didiagnosis dengan penyakit neuron motorik di usia 20-an, telah bekerja dengan Bafta dan pembuat film dokumenter pemenang penghargaan Emmy Anthony Geffen, pada proyek selama hampir dua tahun, sebelum kematiannya pada usia 76 pada bulan Maret 2018.

Ilustrasi sebuah galaksi dan lubang hitam di dalamnya. [Shutterstock]
Ilustrasi sebuah galaksi dan lubang hitam di dalamnya. [Shutterstock]

"Ini akan memungkinkan Anda untuk melakukan perjalanan melalui pikiran Stephen. Ini benar-benar akan seperti pergi pada pengalaman pribadi dengan dia melintasi alam semesta dan Anda dapat pergi ke beberapa tempat berbeda yang akan interaktif, tetapi yang pertama adalah tentang lubang hitam," kata Geffen.

Profesor Hawking menginstruksikan Geffen untuk berhubungan dengan fisikawannya sehingga mendapatkan pengalaman melukiskan gambaran lubang hitam yang paling akurat. [Metro]

Komentar

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini