Deretan Smartphone 5G di Ajang MWC 2019

Teknologi 5G menjadi salah satu tren yang dipamerkan di ajang Mobile World Congress atau MWC 2019 lalu.

Suara.Com
Dythia Novianty
Deretan Smartphone 5G di Ajang MWC 2019
MWC 2019, Barcelona, Spanyol. [AFP/Pau Barrena]

Suara.com - Teknologi 5G menjadi salah satu tren yang dipamerkan di ajang Mobile World Congress atau MWC 2019 lalu. Salah satu yang diperkenalkan adalah smartphone dengan dukungan 5G.

Tahun 2019 digadang-gadang sebagai tahun peralihan dari jaringan 4G LTE menuju jaringan 5G. Wajar jika banyak smartphone yang bersaing merilis perangkatnya yang mendukung jaringan tersebut.

Beberapa vendor smartphone menyatakan kesiapannya untuk menghadirkan ponsel pintar yang mendukung jaringan 5G.

Sayangnya, pengguna smartphone di Indonesia harus bersabar. Pasalnya, rangkaian ponsel pintar dengan jaringan 5G ini baru terkonfirmasi untuk dirilis di Eropa dan Amerika Serikat.

Tidak heran, jika melihat kesiapan Indonesia atas jaringan 5G. Hingga kini pemerintah masih melakukan pemerataan penggunaan jaringan 4G, meski beberapa provider melakukan uji coba di jaringan 5G yang diigadang baru hadir pada 2020 atau 2021 mendatang.

Berikut beberapa smartphone yang siap hadir di pasar dengan teknologi yang mendukung jaringan 5G dan telah diperkenalkan di MWC 2019 lalu.

1. Samsung Galaxy S10

Samsung Galaxy S10 series. (Samsung)
Samsung Galaxy S10 series. (Samsung)

Hadir dengan teknologi super canggih, Samsung Galaxy S10 datang dengan jaringan 5G. Makin menarik, Samsung Galaxy S10 versi jaringan 5G ini membawa 6 kamera.

Sebagai informasi, Rabu (6/3/2019) rangkaian Samsung Galaxy S10 akan hadir di Tanah Air. Namun, belum diketahui jika termasuk di antaranya versi 5G atau tidak.

2. Huawei Mate X

Huawei Mate X saat diperkenalkan di Mobile World Congress (MWC) 2019, Barcelona, Spanyol. [AFP/Josep Lago]
Huawei Mate X saat diperkenalkan di Mobile World Congress (MWC) 2019, Barcelona, Spanyol. [AFP/Josep Lago]

Smartphone pertama yang akan melenggang dengan jaringan 5G adalah Huawei Mate X. Selain datang dengan jaringan 5G, smartphone ini juga menggunakan layar lipat.

Kedatangan Huawei Mate X sendiri diprediksi pada pertengahan 2019 dengan harga 2.299 euro atau setara dengan Rp 36,6 juta.

3. Oppo 5G

Logo Oppo. [Shutterstock]
Ilustrasi logo Oppo. [Shutterstock]

Nama smartphone Oppo dengan jaringan 5G sendiri masih belum diketahui. Untuk mewujudkan keinginan Oppo, vendor smartphone ini bekerja sama dengan beberapa operator jaringan terbesar di dunia seperti Swisscomm dan Telstra.

Memberikan kualitas maksimal, Oppo juga menjalin komunikasi intensif dengan Qualcomm untuk chipset terbaik yang mendukung jaringan 5G.

4. LG V50 ThinQ

LG V50 ThinQ. [AFP/Pau Barrena]
LG V50 ThinQ. [AFP/Pau Barrena]

Penerus LG V40 ThinQ ini datang dengan jaringan 5G yang disebut menggunakan modem X50 5G yang dijalankan oleh prosesor Qualcomm Snapdragon 855. Masih tutup mulut, hingga kini tidak diketahui kapan LG V50 ThinQ akan rilis serta informasi mengenai harga perangkat ini.

5. Xiaomi Mi Mix 3

Ponsel pintar (smartphone) Xiaomi Mi Mix 3. (Phonearena.com)
Ponsel pintar (smartphone) Xiaomi Mi Mix 3. (Phonearena.com)

Sebelumnya, perangkat ini sudah rilis pada Oktober 2018. Varian terbarunya dengan jaringan 5G kembali dirilis pada Mei 2019 mendatang. Untuk mewujudkan smartphone jaringan 5G dari keluargnya, Xiaomi bekerja sama dengan salah satu operator jaringan terbesar di China yaitu China Mobile.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini