Ini Dia Tanya Jawab Seputar Tagar News Situs Berita Online

Tagar News dijalankan dengan semangat profesionalisme.

Suara.Com
Fabiola Febrinastri
Ini Dia Tanya Jawab Seputar Tagar News Situs Berita Online
(Dok: tagar.id)

Suara.com - Tanya: Apa itu Tagar News?

Jawab: Tagar News adalah media berita online nasional, portal berita independen, surat kabar online, dikelola oleh PT Tagar Hexa Utama dengan alamat situs www.tagar.id.

Tanya: Di mana kantornya?

Jawab: Tagar News berkantor pusat di Jakarta, tepatnya di Jalan Cawang Baru Utara No 25 RT 04 RW 9 Cipinang Cempedak, Jatinegara, Jakarta Timur.

Tanya: Kapan Tagar News berdiri?

Jawab: Tagar News berdiri pada 11 Januari 2017.

Tanya: Bagaimana Tagar News dijalankan?

Jawab: Tagar News dijalankan dengan semangat profesionalisme, mengikuti peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia.

Tanya: Apa yang disajikan Tagar News?

Jawab: Tagar News menyajikan berita terkini, trending topics sesuai fakta.

Tanya: Bagaimana kompetensi wartawan Tagar News?

Jawab: Tagar News menyajikan berita yang dibuat oleh wartawan-wartawan yang kompeten, sudah melalui uji kompetensi wartawan di Dewan Pers.

Tanya: Untuk apa kehadiran Tagar News?

Jawab: Tagar News hadir untuk menambah referensi bagi masyarakat di Indonesia terhadap informasi terkini, akurat, dan lebih jelas.

Tanya: Bagaimana kualitas produk berita keluaran Tagar News?

Jawab: Produk berita keluaran Tagar News telah melalui proses verifikasi dan kami melaksanakan tugas sesuai kode etik jurnalistik dan sesuai asas-asas jurnalistik yang baik.

Tanya: Bagaimana komitmen Tagar News dalam membuat berita?

Jawab: Di tengah arus informasi yang serba cepat, tak jarang muncul informasi yang tak jelas sumber dan faktanya. Kami berkomitmen menjadi sumber rujukan dengan keakuratan data sesuai fakta.

Tanya: Apakah itu penting?

Jawab: Akurasi data dan fakta menjadi sangat penting bagi kami sebagai bagian dari tujuan kami memberi pencerahan dan mencerdaskan kehidupan berbangsa dan bernegara.

Tanya: Apa tujuan Tagar News?

Jawab: Tagar News ingin memberi andil kepada masyarakat agar tak mudah terpengaruh atau terprovokasi terhadap setiap berita atau informasi yang tak jelas sumber data dan faktanya.

Tagar News mengajak masyarakat agar selalu merujuk pada media yang independen yang mempunyai sumber data dan fakta sesuai dengan apa yang terjadi dan inilah kami, tagar.id.

Tanya: Apa saja kanal Tagar News?

Jawab: Tagar News pada saat pertama kali dioperasikan memiliki kanal Nasional, Humaniora, Olahraga, Bola, Tekno, Internasional, dan Video.

Dalam kanal-kanal tersebut terdapat turunannya. Kanal Nasional terdiri dari Politik, Pemilu, Daerah, Hukum Infrastruktur, dan Ekonomi. Kanal Humaniora terdiri dari Cerita, Tokoh, Sehat, Wisata.

Dalam perkembangannya pada awal 2019 Tagar News mengerucut, spesifik pada lima kanal. Yaitu Berita Ekonomi, Cerita, Opini dan Video.

Tanya: Kenapa dilakukan pengerucutan?

Jawab: Pengerucutan dilakukan agar ulasan yang dibuat lebih mendalam.
Tagar News tidak mengejar kuantitas semata, lebih dari itu adalah kualitas dan kedalaman sebuah berita.

Tanya: Apa lagi sesuatu yang khusus di Tagar News?

Jawab: Dalam setiap harinya Tagar News menghadirkan Fokus Berita. Suatu isu yang sedang trending dikupas dari berbagai segi, sudut pandang lengkap, sehingga pembaca memiliki gambaran komprehensif mengenai isu yang sedang diikuti.

Tanya: Apa yang ditulis dalam kanal Cerita Tagar News?

Jawab: Kanal Cerita Tagar News mengungkap sisi-sisi lain di balik suatu berita yang sedang trending.

Peristiwa aktual dituliskan dengan gaya bercerita (story telling). Pemilihan tema mengacu pada berita yang sedang viral. Penekanannya pada deskripsi dan narasi, dengan kutipan-kutipan atau dialog yang kuat.

Seperti menulis novel, dengan semua bahan bakunya adalah fakta. Sisi lain berita yang dikembangkan dengan pengumpulan fakta yang meluas.

Kanal Cerita juga mengangkat tradisi kearifan lokal di seluruh penjuru Nusantara, mitos-mitos yang hidup dan dipercaya hingga sekarang. Hal ini dimaksudkan di antaranya untuk mengobati kerinduan pembaca yang tinggal di kota-kota besar, kerinduan pada kampung halamannya, juga untuk menambah rasa cinta pembaca pada akar budayanya.

Tanya: Kalau kanal Opini?

Jawab: Opini menghadirkan penulis-penulis kredibel, penulis tamu, ahli di bidangnya masing-masing, politik, ekonomi, sosial dan budaya.

Tanya: Media sosial diterjang hoaks tak henti-henti, apa peran Tagar News?

Jawab: Seperti tadi sudah disampaikan di awal, di tengah gelombang hoaks yang tak henti-henti, Tagar News siap mewarnai Republik ini dengan produk jurnalistik yang sehat, menjadi panduan bagi pembaca untuk mendapatkan informasi yang benar.

Tanya: Bagaimana perkembangan Tagar News?

Jawab: Dari hari ke hari Tagar News semakin mendapat tempat di hati pembaca. Terbukti dengan kenaikan antusiasme pembaca yang mengunjungi Tagar News, menjadikan Tagar News sebagai bacaan yang tak boleh dilewatkan.

Hari-hari tak lengkap rasanya tanpa Tagar News. Membaca di layar komputer maupun ponsel sama asyiknya. Klik www.tagar.id untuk melengkapi hari-hari Anda.

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini