2019 Jadi Tahunnya Ponsel 5G, Mengapa?

Tahun 2019 pun diproyeksikan akan menjadi tahunnya ponsel 5G.

Suara.Com
Dythia Novianty | Tivan Rahmat
2019 Jadi Tahunnya Ponsel 5G, Mengapa?
Ilustrasi tentang teknologi jaringan 5G. (Shutterstock)

Suara.com - Setiap tahunnya, teknologi pada ponsel membawa trennya sendiri. Tahun 2019 pun diproyeksikan akan menjadi tahunnya ponsel 5G. Mengapa demikian?

Sebagaimana dikutip dari Tech Radar, Selasa (5/3/2019), jaringan telekomunikasi generasi kelima itu menjanjikan hal yang lebih besar daripada pada kecepatan akses internet.

Lebih dari itu, teknologi 5G memungkinkan beberapa sensor untuk untuk saling terhubung pada satu jaringan sekaligus. Bagi produsen ponsel, kemampuan tersebut jelas bisa mereduksi biaya untuk pembuatan sebuah ponsel.

Sedangkan dari performa, jaringan 5G bisa menghemat pemakaian daya baterai ponsel. Hanya saja, kemampuan tersebut baru akan maksimal ketika ponsel dipersenjatai chipset yang tepat.

Sebagai informasi, vendor ponsel yang sudah memperkenalkan ponsel 5G menjadikan chipset Qualcomm Snapdragon 855 sebagai otak penggerak ponsel.

Imbas dari efisiensi baterai ini pun menjadikan teknologi 5G sebagai jaringan telekomunikasi yang tepat untuk kalangan penggemar mobile game.

Hingga saat ini, beberapa produsen ponsel sudah menyatakan kesiapannya untuk membuat perangkat yang mendukung jaringan 5G dan direncanakan masuk pasar global pada Q2 tahun ini. Sebut saja Samsung dengan Galaxy S10 dan Galaxy Fold yang hadir dalam versi 5G.

Samsung Galaxy Fold. [YouTube/@Samsung]
Samsung Galaxy Fold. [YouTube/@Samsung]

Selain itu, ada juga ponsel layar lipat Huawei Mate X, LG V50, dan Xaomi Mi Mix 3 yang juga diperkenalkan sebagai ponsel 5G. Sementara ZTE akan memperkenalkan ponsel 5G pertamanya dalam waktu dekat.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini