Hari Perempuan Internasional, Dua Astronot Perempuan Akan Spacewalk

Spacewalk atau berjalan di luar angkasa dilakukan di bulan Maret dalam suasana Hari Perempuan Internasional.

Suara.Com
Vania Rossa | Tivan Rahmat
Hari Perempuan Internasional, Dua Astronot Perempuan Akan Spacewalk
Dua Astronot Perempuan Akan Berjalan di Luar Angkasa. (Twitter/Astro_Christina)

Suara.com - Untuk pertama kalinya sejak 35 tahun lalu, astronot perempuan akan kembali melakukan spacewalk atau berjalan di luar angkasa. Seandainya tidak ada halangan, momen istimewa tersebut akan berlangsung pada bulan ini karena masih dalam suasana Hari Perempuan Internasional yang jatuh pada tanggal 8 Maret.

Lembaga antariksa Amerika Serikat, NASA, mengumunkan bahwa Anne McClain dan Christina Koch akan berjalan di sekitar International Space Station (ISS) pada 29 Maret mendatang guna mengganti baterai yang sudah terpasang di ISS sejak musim panas tahun lalu.

Dalam menjalankan misinya, kedua astronot perempuan itu akan mendapatkan dukungan dari Bumi lewat Mary Lawrence dan Kristen Facciol dari Canadian Space Agency di NASA Johnson Space Center di Texas, Amerika Serikat. Lawrence dan Facciol bertindak sebagai penanggungjawab dalam misi tersebut.

Sebelum Christina dan Anne, sejarah mencatat bahwa Svetlana Savitskaya dari Uni Soviet menjadi astronot perempuan pertama yang melakukan spacewalk. Momen bersejarah itu terjadi pada 25 Juli 1984.

Dua Astronot Perempuan Akan Berjalan di Luar Angkasa. (Twitter/AstroAnnimal)
Dua Astronot Perempuan Akan Berjalan di Luar Angkasa. (Twitter/AstroAnnimal)

Merujuk pada data internal NASA, mereka sudah melakukan 213 spacewalk di ISS sejak 1998. Tujuan berjalan di angkasa pun beragam, mulai dari pemeliharaan, perbaikan, pengetesan perangkat baru, hingga melakukan eksperimen.

Terkait kontribusi kaum hawa dalam perjalanan di luar angkasa, NASA mencatat bahwa 11 persen dari 500 astronot yang terbang ke luar Bumi adalah perempuan. Sedangkan komposisi tim yang melakukan spacewalk di sekitar ISS biasanya didominasi oleh tim yang beranggotakan lelaki, atau dengan komposisi lelaki-perempuan.

Oleh karena itu, pemilihan Christina dan Anne untuk berjalan di sekitar ISS menjadi lebih bersejarah karena untuk pertama kalinya, tim spacewalk terdiri dari perempuan seluruhnya.

Saat ini, Anne sudah berada di ISS. Bahkan, ia sempat masuk ke dalam kapsul luar angkasa milik SpaceX, Crew Dragon. Sedangkan Christina baru akan menyusul pada 14 Maret mendatang. Sementara itu, The Guardian melaporkan pada Jumat (8/3/2019), bahwa kegiatan spacewalk itu akan berlangsung selama 7 jam.

Komentar

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini