Gandeng NASA, Google Sediakan Pameran Daring Ilmu Pengetahuan

Pameran ini memamerkan koleksi video dan gambar tentang ilmu pengetahuan.

Suara.Com
Vania Rossa | Lintang Siltya Utami
Gandeng NASA, Google Sediakan Pameran Daring Ilmu Pengetahuan
Salah satu koleksi Google Arts & Culture di Frontiers of Flight Muuseum. (Google Arts & Culture)

Suara.com - Divisi Seni dan Budaya Google berkolaborasi dengan berbagai museum di dunia untuk membuat koleksi video dan gambar yang didedikasikan untuk menghormati ilmu pengetahuan dan penemuan manusia.

Koleksi tersebut dinamakan proyek Once Upon a Try yang tersedia secara daring dan dalam aplikasi Google Arts & Culture di platform Android dan iOS. Proyek tersebut juga menggandeng perusahaan besar seperti NASA, CERN, dan Smithsonian. Terlihat lebih seperti pameran daring, proyek Once Upon a Try ini menampilkan lebih dari 200.000 artefak dari seluruh dunia.

Dengan kolaborasi tersebut menciptakan beberapa bidang pameran, di antaranya adalah Cai Guo-Qiang dan da Vinci: Melukis dengan mesiu, NASA Virtual Universe, Big Bang, dan pameran fotografi.

Cai Guo-Qiang dan da Vinci: Melukis dengan mesiu sendiri merupakan sebuah film dokumenter berdurasi pendek yang menceritakan tentang sejarah bubuk mesiu di China dan bagaimana seniman Cai Guo-Qiang terinspirasi untuk melukis dengan bubuk mesiu. Sementara itu, NASA menggunakan pembelajaran mesin untuk membuat Virtual Universe.

Dalam NASA Virtual Universe, NASA menganalisis dan membuat katalog yang berisi ratusan ribu foto untuk dieksplor dengan lebih mudah oleh pengguna. Pengguna dapat mencari berdasarkan kata kunci seperti Cape Canaveral, baju antariksa, orbit, dan topik lainnya untuk melihat foto serta penjelasan yang berkaitan dengan topik tersebut.

Dilansir dari The Verge, pada bagian Big Bang, CERN membuat aplikasi bernama Big Bang AR. Aplikasi berbasis augmented reality itu berisi tentang kisah awal alam semesta dengan bantuan pendekatan dari teknologi AR yang interaktif. Aplikasi Big Bang AR sendiri dapat diunduh melalui Android ataupun iOS. Untuk saat ini, proyek Once Upon a Try menyediakan lebih dari 400 pameran interaktif yang berisi ilmu pengetahuan.

Komentar

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini