Punya Kecepatan Hingga 40 Gbps, USB 4.0 Akan Segera Rilis

Selain punya kecepatan 40 Gbps, apalagi keunggulan USB 4.0?

Suara.Com
Silfa Humairah Utami | Lintang Siltya Utami
Punya Kecepatan Hingga 40 Gbps, USB 4.0 Akan Segera Rilis
Ilustrasi punya kecepatan hingga 40 Gbps, USB 4.0 akan segera rilis. (Shutterstock)

Suara.com - Punya Kecepatan Hingga 40 Gbps, USB 4.0 Akan Segera Rilis.

Kehadiran USB memang sangat membantu dalam dunia teknologi. Sebelum USB diciptakan, komputer hanya dilengkapi dengan port serial dan port paralel untuk menyambungkan perangkat ke komputer. Namun, kini perkembangan USB semakin pesar. Bahkan USB Promoter Group saat ini tengah berencana untuk merilis USB 4.0. 

Menurut perincian yang dilansir dari AnandTech, standar baru ini didasarkan pada protokol Thunderbolt dari Intel dan mendukung berbagai fitur. USB terbaru ini akan memiliki kecepatan transfer data hingga 40 Gbps, tampilan antarmuka, dan pengiriman daya dilansir dari Himedik

Antarmuka baru ini disebut masih mempertahankan USB Type-C. Selain itu, USB 4.0 juga akan mempertahankan kompabilitas dengan USB 2.0, USB 3.2, dan antarmuka Thunderbolt 3. 

Sebelumnya, teknologi USB dikembangkan pertama kali pada tahun 1994. Perangkat yang merevolusi port itu diciptakan oleh Ajay Bhatt dari Intel dan USB-IF (USB Implementers Forum, Inc). Organisasi tersebut terdiri dari para pemimpin industri seperti Intel, Microsoft, Compaq, LSI, Apple, dan HP. 

Kini, meskipun tidak ada tanggal pasti kapan USB 4.0 akan diluncurkan, namun USB Promoter Group memperkirakan USB 4.0 ini akan diluncurkan pada pertengahan tahun 2019. Oleh karena itu, menjelang rilis yang dijadwalkan, diketahui sebanyak lebih dari 50 perusahaan turut berpartisipasi aktif dalam tahap akhir pengembangan spesifikasi USB 4.0 dengan kecepatan hingga 40 Gbps. (Rezza Dwi Rachmanta)

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini