Gaji Karyawan Lelaki dan Perempuan di Google Beda lho!

Gaji karyawan lelaki di Google dilaporkan berbeda dengan gaji karyawan perempuan.

Suara.Com
Dythia Novianty | Lintang Siltya Utami
Gaji Karyawan Lelaki dan Perempuan di Google Beda lho!
Kantor Google di Mountain View, California, Amerika Serikat. (Shutterstock)

Suara.com - Gaji karyawan lelaki di Google dilaporkan lebih rendah daripada gaji karyawan perempuan. Menurut Tech Crunch, audit pembayaran internal Google ini sendiri merupakan Insinyur Perangkat Lunak Level 4 yang diketahui menerima gaji lebih sedikit dibandingkan dengan karyawan perempuan walaupun memiliki pekerjaan yang sama.

Perbedaan tersebut membuat Google harus membayar 9,7 juta dolar Amerika Serikat untuk 10 ribu lebih karyawannya. Namun, belum ada kejelasan berapa banyak jumlah karyawan yang akan menerima penyesuaian pembayaran untuk karyawan lelaki.

Pihak Google juga tidak memberikan alasan mengapa karyawan lelaki digaji lebih kecil daripada perempuan. Namun, salah satu alasan pihak Google adalah hal ini masih dalam penyesuaian dari tahun sebelumnya.

Laporan The New York Times menyebutkan, pada tahun 2017 Google membayar 270.000 dolar Amerika Serikat untuk menutup 228 gaji karyawan di enam divisi.

Logo Google. [Suara.com/Aditya Gema Pratomo]
Logo Google. [Suara.com/Aditya Gema Pratomo]

Seorang Lead Analyst Google, Lauren Barbato, mengatakan bahwa analisis ekuitas gaji karyawan Google memastikan jika kompensasi adil bagi karyawan dalam pekerjaan yang sama pada tingkat yang sama, lokasi, dan kinerja.

"Karena leveling, peringkat kinerja, dan dampak pembayaran promosi, tahun ini kami melakukan tinjauan komprehensif dari proses ini untuk memastikan hasilnya adil dan merata untuk semua karyawan," ucap Lauren Barbato.

Tak hanya itu, karena perbedaan gaji ini, pihak Google juga sedang berjuang melawan gugatan mengenai diskriminasi upah karyawan.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini