Mengenang Stephen Hawking dalam Uang Koin Inggris

Memperingati setahun meninggalnya Stephen Hawking, pemerintah mengenangnya dengan menjadikannya dalam uang koin.

Suara.Com
Dythia Novianty | Tivan Rahmat
Mengenang Stephen Hawking dalam Uang Koin Inggris
Stephen Hawking. [AFP]

Suara.com - Memperingati setahun meninggalnya Stephen Hawking, pemerintah mengenangnya dengan menjadikan penemu teori Black Hole tersebut ke dalam uang koin.

Royal Mint, percetakan uang koin yang beredar di Britania Raya, menampilkan wajah Stephen Hawking dalam uang koin bernilai 50 pence. Uang koin tersebut pun merupakan alat pembayaran yang sah di tanah Britania.

Sementara itu, laporan Cnet yang dikutip pada Senin (11/3/2019) menyebutkan bahwa uang koin berwajah Stephen Hawking itu akan mulai didistribusikan secara massal pada 12 Maret mendatang atau 2 hari sebelum peringatan 1 tahun kematian sang fisikawan jenius.

Dengan begitu, Stephen Hawking menjadi ilmuwan pertama yang namanya diabadikan dalam bentuk uang koin di Britania Raya pada kurun waktu setahun setelah kematiannya.

Sedangkan secara keseluruhan, ia menjadi sosok ketiga yang mendapat kehormatan tersebut setelah Perdana Menteri Inggris Winston Churchill dan Queen Mother, ibu kandung dari Ratu Elizabeth yang memimpin Inggris saat ini.

Ilustrasi Winston Churchill. [Shutterstock]
Ilustrasi Winston Churchill. [Shutterstock]

Kendati belum ada penampakkan resmi terkait bentuk uang koin tersebut, sebuah situs bernama Coin Hunter Limited merilis sebuah mock-up dari alat pembayaran tersebut, meskipun wujud nyatanya akan sedikit berbeda dengan gambar yang mereka sebarkan.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini