Tak Mau Kalah dari Google, Microsoft Berikan Demonstrasi xCloud

Project xCloud hampir mirip dengan Project Stream milik Google.

Suara.Com
Vania Rossa | Lintang Siltya Utami
Tak Mau Kalah dari Google, Microsoft Berikan Demonstrasi xCloud
Microsoft Berikan Demonstrasi xCloud. (The Verge)

Suara.com - Microsoft memberikan demonstrasi dari layanan streaming game Project xCloud yang akan memasuki tahap uji coba pada akhir tahun 2019 ini, meskipun pihak Microsoft belum memberikan kepastian kapan akan meluncurkan layanan tersebut.

Project xCloud ini sendiri hampir mirip dengan Project Stream milik Google, sebuah layanan streaming video game yang memungkinkan pengguna Chrome untuk melakukan streaming game di browser mereka. Google sendiri akan memperkenalkan layanan ini pada ajang GDC yang akan diselenggarakan pada 19 hingga 23 Maret mendatang di San Fransisco, Amerika Serikat.

Demonstrasi xCloud ini diberikan Microsoft selama acara Microsoft Inside Xbox pada 12 Maret. Dalam acara tersebut, Microsoft memamerkan streaming game Forza Horizon 4 dari pusat data Azure ke perangkat Android. Dalam sebuah video berdurasi 5 menit 18 detik yang diunggah akun YouTube Xbox juga memperlihatkan pengontrol Xbox One terhubung ke ponsel melalui Bluetooth, menunjukkan betapa mudahnya untuk melakukan streaming game dari cloud ke perangkat seluler.

"Kami mengembangkan Project xCloud bukan sebagai pengganti konsol game, tetapi sebagai cara untuk memberikan lebih banyak opsi dan keserbagunaan. Kami menambahkan lebih banyak cara untuk memainkan game Xbox," ucap Kareem Choudhry, Head of Gaming Cloud, seperti yang dikutip dari The Verge.

Meskipun hampir serupa dengan Project Stream, Google bukanlah satu-satunya pesaing yang harus dihadapi Microsoft dalam segmen cloud streaming. Sony juga memiliki layanan PlayStation Now yang memungkinkan pengguna memainkan game PS4 dari iPhone atau iPad.

Komentar

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini