Yuk, Intip Fitur-fitur Baru dalam Android Q

Android Q disebut cocok dengan ponsel-ponsel layar lipat yang sedang jadi tren.

Suara.Com
Liberty Jemadu | Tivan Rahmat
Yuk, Intip Fitur-fitur Baru dalam Android Q
Ilustrasi smartphone Android. [Shutterstock]

Suara.com - Google baru saja merilis preview perdana sistem operasi Android Q untuk para developer. Lalu, apa saja fitur baru yang bisa didapat dari OS Android generasi ke-10 itu.

Dilansir dari The Verge, Kamis (14/3/2019), fitur pada Android Q Developer Preview ini menghadirkan kontrol privasi yang lebih baik ketimbang OS sebelumnya.

Terkait kontrol privasi ponsel yang lebih baik, Android Q memungkinkan pengguna untuk membatasi aplikasi agar hanya menarik informasi lokasi perangkat ketika aplikasi sedang dibuka. Hal yang sama juga berlaku untuk file foto, video, dan audio.

Selain itu, OS ini juga didesain untuk kompatibel dengan ponsel keluaran teranyar, termasuk memaksimalkan kemampuan pada ponsel layar lipat.

Android Q diklaim membuat perpindahan yang lebih halus ketika mengubah mode layar, termasuk mengecilkan ukuran jendela aplikasi dalam mode split screen.

Perbedaan paling mencolok Android Q dengan generasi pendahulunya juga terlihat pada Setting Panel API, yang membuat developer bisa menambahkan jalan pintas ke pengaturan ponsel yang dibutuhkan oleh aplikasinya, mulai dari Bluetooth, WiFi, dan NFC tanpa perlu membuka menu pengaturan.

Untuk saat ini, versi beta pertama Andorid Q baru kompatibel dengan semua ponsel Pixel besutan Google, mulai dari Pixel 1, 2, 3, hingga Pixel XL.

Khusus untuk Pixel edisi pertama, seharusnya seri ini sudah tak kebagian pembaruan Android, tapi karena banyaknya permintaan dari pengguna, Google pun memperpanjang tenggang waktu pembaruan OS-nya.

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini