Asus Sematkan Snapdragon SiP 1 dalam Dua Smartphone Ini

Snapdragon SiP 1 adalah paket keren hasil kerja sama. Cuma sayangnya ....

Suara.Com
RR Ukirsari Manggalani | Lintang Siltya Utami
Asus Sematkan Snapdragon SiP 1 dalam Dua Smartphone Ini
Asus Zenfone Max Shot [Asus Brasil].

Suara.com - Asus bakal menjadi vendor smartphone pertama yang menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon System in Package (SiP) 1, dan chipset ini akan disematkan untuk Asus Zenfone Max Shot dan Asus Zenfone Max Plus M2.

Qualcomm Snapdragon SiP 1 adalah hasil kolaborasi Qualcomm Technologies, Universal Scientific Industrial, dan pemerintah Brasil. Sementara SiP sendiri berupa sebuah sistem yang berisikan part komplet dalam satu paket. Dengan kata lain, mulai dari chip prosesor, modem, RF front end, audio codec, RAM, hingga memori internal yang dihadirkan sudah berada dalam sebuah paket satu board.

Dalam Qualcomm Snapdragon SiP 1, berisi chip Snapdragon 450 yang memiliki kecepatan 1,8 GHz dan GPU Adreno 506. Dengan paket lengkap ini, produsen smartphone hanya bekerja untuk mengembangkan bagian lain yang belum tersedia, seperti baterai, layar, dan casing.

Asus ZenFone Max Pro M2. [Suara.com/Dythia Novianty]
Asus ZenFone Max Pro M2. Sebagai ilustrasi [Suara.com/Dythia Novianty]

Untuk spesifikasi kedua smartphone tadi, Asus Zenfone Max Shot memiliki layar sebesar 6,26 inchi dengan resolusi Full HD Plus dan akan tersedia dalam dua varian RAM dan penyimpanan, yaitu RAM 3 GB dengan penyimpanan 32 GB yang diberi label sekitar Rp 5 juta serta RAM 4 GB dengan penyimpanan 64 GB yang akan dihargai sekitar Rp 6,3 juta.

Untuk sektor kamera, Asus Zenfone Max Shot dilengkapi tiga kamera dengan sensor 12 MP Sony IMX486, 8 MP, dan 5 MP. Sedangkan bagian kamera depannya disematkan sensor sebesar 8 MP dengan LED flash.

Sementara itu, Asus Zenfone Max Plus M2 memiliki spesifikasi yang kurang lebih sama dengan Asus Zenfone Max Shot, namun tersedia dalam varian RAM sebesar 3 GB dan penyimpanan 32 GB. Untuk kamera belakangnya, perangkat ini memiliki dual kamera sebesar 12 MP dan 5 MP. Smartphone ini bernilai sekitar Rp 4,8 juta.

Sayangnya, kedua perangkat Asus yang ditenagai Qualcomm Snapdragon SiP 1 itu hanya dihadirkan untuk pasar smartphone Brasil.

Hitekno.com/Agung Pratnyawan

Komentar

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini