Ini 7 Hal Baru yang Akan Ditemukan Dalam Android Q

Android Q akan dirilis sekitar kuartal ketiga.

Suara.Com
Vania Rossa | Lintang Siltya Utami
Ini 7 Hal Baru yang Akan Ditemukan Dalam Android Q
Logo Android Q, [Foto: Techadvisor]

Suara.com - Google mulai meluncurkan sistem operasi Android Q beta untuk beberapa perangkat Android tahun ini. Menurut timeline perusahaan, Android Q akan dirilis ke seluruh perangkat Android sekitar kuartal ketiga tahun 2019.

Android Q diklaim akan memberi pengguna pengaturan privasi dan lokasi yang lebih ketat serta meningkatkan lebih banyak aspek dalam sistem operasi untuk memberikan pengalaman terbaik bagi pengguna. Dilansir dari The Verge, berikut ini tujuh hal baru yang akan tersedia dalam Android Q:

1. Mengendalikan data lokasi
Dulu, aplikasi hanya memiliki dua opsi untuk mengakses lokasi pengguna, yaitu disetujui dan tidak disetujui. Jika disetujui, maka aplikasi tersebut dapat mengakses data lokasi pengguna bahkan ketika aplikasi itu tidak digunakan. Namun, lewat Android Q kini Google memberikan lebih banyak opsi baru yang memungkinkan pengguna mengatur data lokasi, seperti disetujui, disetujui hanya saat aplikasi digunakan, dan tidak disetujui.

2. Mode gelap
Google dikabarkan tengah mempersiapkan mode gelap atau dark mode untuk Android Q. Namun dalam Android Q beta yang telah dirilis, saat ini Google belum memberikan opsi yang lebih leluasa bagi pengguna untuk menonaktifkannya.

3. Pemberitahuan pengaturan
Ketika suatu aplikasi mendeteksi bahwa aplikasi tersebut tidak dapat mengakses sesuatu yang dibutuhkannya, seperti Bluetooth atau koneksi data, sistem operasi Android Q akan memunculkan menu yang secara otomatis meminta pengguna untuk mengaktifkan pengaturan tertentu tersebut tanpa harus membuka opsi Pengaturan secara manual.

4. Melihat perkiraan sisa masa pakai baterai
Dengan sistem operasi terbaru Android ini, ketika pengguna menurunkan notification bar maka ikon persentase baterai akan secara otomatis menampilkan perkiraan jumlah waktu yang tersisa untuk masa pakai baterai.

5. Notch juga akan ditampilkan saat melakukan tangkapan layar
Ketika pengguna melakukan tangkapan layar atau screenshot pada perangkat yang memiliki bentuk notch tertentu, maka notch tersebut juga akan terlihat dalam screenshot tersebut. Untuk Android Q beta saat ini, sayangnya Google belum memberikan opsi untuk menonaktifkannya.

6. Tombol darurat di menu Power
Google telah menempatkan tombol darurat baru tepat di menu Power utama. Hal itu akan membuat layanan darurat lebih mudah dan lebih cepat diakses.

7. Bagikan detai WiFi melalui kode QR
Dalam Android Q beta memungkinkan pengguna untuk berbagai kredensial jaringan WiFi dalam bentuk kode QR. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan keamanan pada password.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini