Jalur MRT Susah Sinyal, Rudiantara: Ruang Publik Jangan Dikomersialkan

Hingga saat ini baru ada dua operator selular yang bisa diakses di sepanjang jalur MRT, yaitu Telkomsel dan Smarfren.

Suara.Com
Liberty Jemadu | Tivan Rahmat
Jalur MRT Susah Sinyal, Rudiantara: Ruang Publik Jangan Dikomersialkan
Suasana di Stasiun MRT Bundaran HI, Jakarta, Senin (25/3).[Suara.com/Muhaimin A Untung]

Suara.com - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara turut angkat bicara soal jalur Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta yang susah sinyal. Ia mengatakan jalur MRT yang termasuk dalam ruang publik seharusnya tak terlalu dikomersialkan.

Sebelumnya diwartakan bahwa sejumlah besar pengguna MRT mengeluh tak bisa menggunakan ponsel mereka, khususnya ketika kereta melewati jalur bawah tanah.

"Ada daerah-daerah yang compulsory (wajib), harusnya itu menjadi ruang publik. Jadi, tidak berbisnislah di situ. Tetapi, kalau ada cost harus yang harus di-cover, kalau misalkan biaya 100, ya bayar 100. Kalau di ruang publik, jangan 100 jadi 200," ujar Rudiantara di Gedung Kominfo Jakarta ada Senin (1/4/2019).

Menurut Rudiantara, ruang publik jangan terlalu dikomersialkan oleh para pebisnis, dalam hal ini para operator selular.

"Kalau di luar (jalur MRT), ya silahkan itu bisnis kompetisi operator dengan operator. Tapi ini (ruang publik), seharusnya tidak dikompetisikan, karena untuk safety misalkan," imbuhnya.

Konon para operator seluler merasa keberatan dengan tarif pasang jaringan internet di jalur MRT yang mereka nilai terlalu mahal. Menanggapi rumor ini, Rudiantara mengatakan pihaknya akan mencoba menjembatani pihak operator dengan PT MRT.

"Kalau ATSI (Asosiasi Penyelenggara Telekomunikasi Indonesia) bilang begitu, maka nanti dibicarakan. Kominfo fasilitasi lewat BRTI (Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia)," tutup Rudiantara.

Hingga saat ini baru ada dua operator selular yang bisa diakses di sepanjang jalur MRT, yaitu Telkomsel dan Smarfren. Sedangkan pengguna XL Axiata, Indosat Ooredoo, dan Hutchison 3 Indonesia (Tri) belum bisa mengakses internet di jalur MRT.

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini