XL Axiata Gelar Kabel Serat Optik Sepanjang 2.500 Km di 2019

Untuk mendukung jaringan serat optik sepanjang 45.000 kilometer yang telah dibangun XL Axiata di berbagai daerah strategis di Jawa, Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi.

Suara.Com
Liberty Jemadu
XL Axiata Gelar Kabel Serat Optik Sepanjang 2.500 Km di 2019
Direktur Teknologi XL Axiata, Yessie D. Yosetya (kanan) menyerahkan ponsel berisi aplikasi Laut Nusantara kepada perwakilan nelayan di Kampung Mandar, Banyuwangi, Jawa Timur, Kamis (4/4/2019). [Antara/Saiful Bahri]

Suara.com - PT XL Axiata akan mendorong penguatan jaringan layanan internetnya di Tanah Air dengan menggelar kabel serat optik sepanjang 2.500 kilometer pada 2019.

"Kami akan membangun 2.500 kilometer jaringan fiber optik di 2019, terutama di daerah yang jelas-jelas traffic internetnya sudah tinggi," kata Direktur Teknologi XL Axiata Yessie Yosetya di Banyuwangi, Jawa Timur, Kamis (4/4/2019).

Yessie menambahkan penguatan jaringan ini untuk mendukung jaringan serat optik sepanjang 45.000 kilometer yang telah terbangun di berbagai daerah strategis di Jawa, Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi.

"Kita juga siapkan jalur-jalur di Jawa yang memang sudah perlu diperbarui, termasuk rencana penggunaan fiber optik di 10.000 BTS, atau sepertiga dari total BTS yang kita punya," ujarnya.

Selain itu, pembangunan jaringan data 3G maupun 4G LTE juga terus difokuskan di luar Jawa, termasuk daerah terpencil dari kawasan barat hingga timur Indonesia.

Di wilayah barat, XL Axiata telah memulai pembangunan jaringan di Kepulauan Anambas dan perluasan jaringan di kawasan timur dilaksanakan di Nusa Tenggara Timur, Maluku Utara, Maluku, dan Papua.

"Visi kami dalam memperluas jaringan data ke berbagai penjuru adalah mendukung percepatan pembangunan. Kami ingin ikut berkontribusi dalam upaya pemerintah daerah untuk memajukan wilayah," katanya.

Dengan adanya perluasan ini, maka jaringan data XL Axiata siap menjangkau sekitar 440 kabupaten kota atau lebih dari 95 persen populasi Indonesia.

Saat ini, khusus di kawasan timur, total jaringan data XL Axiata telah melayani pelanggan di 150 kabupaten kota di wilayah Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara, Sulawesi, Maluku dan Papua.

Dengan pembangunan jaringan pada 2019, maka wilayah layanan XL Axiata di kawasan timur akan tumbuh lebih dari 41 persen dibandingkan 2018.

Perluasan jaringan data ini sekaligus mengakomodasi berkembangnya pariwisata daerah seiring dengan peningkatan popularitas sejumlah destinasi wisata setempat melalui media sosial. [Antara]

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini