Akun Facebook Anda Diretas? Lakukan Lima Hal Ini

Facebook pasti tidak akan luput dari peretas.

Suara.Com
Dythia Novianty | Lintang Siltya Utami
Akun Facebook Anda Diretas? Lakukan Lima Hal Ini
Ilustrasi Facebook. [Shutterstock]

Suara.com - Sebagai salah satu platform media sosial terbesar, Facebook pasti tidak akan luput dari peretas. Para peretas biasanya mengeksploitasi celah dalam keamanan akun pengguna, seperti meretas kata sandi, mengeksploitasi celah pada aplikasi atau situs web, hingga perangkat lunak berbahaya untuk mengakses informasi pribadi.

Jika akun Facebook pengguna telah mengalami peretasan atau hacking, terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengembalikan akun seperti semula. Berikut ini lima hal yang harus pengguna lakukan jika akun Facebook diretas dan setelah mendapatkan akun kembali:

1. Melaporkan

Jika akun tidak dapat diakses secara tiba-tiba, ada kemungkinan peretas telah menghapus akun atau mengubah detail login. Pengguna dapat mengakses https://www.facebook.com/hacked untuk melaporkan akun yang diretas tersebut.

Ilustrasi akun Facebook (Shutterstock).
Ilustrasi akun Facebook. (Shutterstock)

Facebook akan membantu pengguna mendapatkan akun kembali dengan mencari akun menggunakan alamat email atau nomor telepon terkait. Jika pengguna mengaktifkan Pilih Teman untuk dihubungi saat pengguna tidak dapat mengakses pada menu Pengaturan, maka pengguna dapat menggunakan fungsi tersebut untuk meminta akses ke akun pengguna.

Di dalam fungsi tersebut, pengguna dapat memilih tiga hingga lima orang yang pengguna percayai, yang nantinya dapat memberikan akses kembali ke akun pengguna. Untuk mengaktifkannya, cukup pilih Lupa Akun? Pada halaman login dan cari akun pengguna dengan memasukkan alamat email atau nomor telepon.

Selanjutnya chevron_right

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini