Banyak Dicari, Ini 5 Ponsel Murah dengan Fitur NFC

Ada ponsel murah dengan fitur NFC?

Suara.Com
Agung Pratnyawan
Banyak Dicari, Ini 5 Ponsel Murah dengan Fitur NFC
Ilustrasi pembayaran menggunakan teknologi NFC pada smartphone. [Shutterstock]

Suara.com - Tak sedikit yang mencari ponsel dengan fitur NFC (Near-field communication). Sayangnya, tak banyak ponsel murah yang telah dilengkapi dengan NFC.

fitur NFC ini memudahkan dalam melakukan konektivitas antar perangkat. Dari pembayaran digital, eMoney, transfer file, dan masih banyak kemudahan yang bisa dilakukan hanya dengan sekali tap di NFC.

Terutama di beberapa negara maju, NFC jadi fitur wajib untuk ponsel. Karena sistem pembayaran cashless yang sudah marak digunakan.

Sayangnya, NFC sering jadi fitur pertama yang disunat produsen ponsel untuk memangkas harga. Tak heran ponsel murah hingga kelas menengah tak memakainya.

Terutama produsen ponsel asal China yang hampir tak mau memasangkan fitur ini di ponsel murah mereka. Apalagi di negara tersebut QRcode lebih laku dibanding NFC.

Ilustrasi NFC. (Pixabay/kalhh)
Ilustrasi NFC. (Pixabay/kalhh)

Bukan berarti tidak ada ponsel murah yang dilengkapi fitur NFC. Terutama untuk ponsel yang menyasar beberapa pasar negara maju pasti akan memasangnya.

Berikut ini tim HiTekno.com kumpulkan rekomendasi 5 ponsel murah yang sudah dilengkapi dengan fitur NFC. Sayangnya beberapa di antaranya bukan produk terbaru lagi.

1. Nokia 3

Nokia 3. (Nokia)
Nokia 3. (Nokia)

Nokia menjadi salah satu produsen ponsel yang rajin memasangkan NFC. Salah satunya Nokia 3 yang bisa kamu dapatkan dengan harga sekitar Rp 1,2 jutaan.

ponsel murah ini dilengkapi chipset MediaTek MT6737 QuadCore 1,4 GHz dengan RAM 2 GB + 16 GB. Nokia 3 juga dilengkapi kamera 8 MP baik di depan maupun belakang.

Nokia 3 didukung degan baterai 2.650 MAh dan memakai layar 5 inci. ponsel yang menjalankan Andoir 7 Nougat ini cukup menarik untuk dipinang.

2. Nokia 3.1 Plus

Nokia 3.1 Plus. (Nokia)
Nokia 3.1 Plus. (Nokia)

Untuk yang ponsel murah keluaran baru, ada Nokia 3.1 Plus. Kamu bisa mendapatkan Nokia 3.1 Plus ini kurang dari Rp 2 juta.

Menjalankan Android 8.1 Oreo(Android One). ponsel Nokia ini mengusung layar 6 inci. Ditunjang kamera ganda di belakang 13 MP + 5 MP, dan kamera selfie 8 MP.

Untuk dapur pacu, Nokia memberikan chipset MediaTek Helio P22 OctaCore 2,0 GHz dan RAM 3 GB + 32 GB. Ditunjang baterai 3.500 mAh, Nokia 3.1 Plus layak dilirik.

3. Nokia 6

Nokia 6. (Nokia)
Nokia 6. (Nokia)

Meski cukup berumur, Nokia 6 masih bisa kamu dapatkan di pasaran dengan harga kisaran Rp 1,9 juta. Apa menariknya ponsel Nokia ini?

Dengan layar 5,5 inci, Nokia 6 memakai baterai 6.000 mAh untuk menjalankan Android 7 Nougat. Rencananya Nokia akan memberikan update Android 9 Pie ke ponsel murah ini.

Ditunjang kamera belakang 16 MP dan kamera selfie 8 MP. Untuk dapur pacu, Nokia 6 dilengkapi Snapdragon 430 OctaCore 1,4 GHz dengan RAM 3 GB + 32 GB.

4. Samsung Galaxy J5 Pro

Samsung Galaxy J5 Pro. (Samsung)
Samsung Galaxy J5 Pro. (Samsung)

ponsel Samsung keluaran 2017 ini bisa didapatkan di kisaran harga Rp 1,8 - 2 jutaan. Samsung Galaxy J5 Pro ini sudah memakai layar Super AMOLED 5,2 inci.

Dapur pacu Samsung Galaxy J5 Pro dilengkapi chipset Exynos 7870 Octacore 1,6 GHz dengan RAM 3 GB + 32 GB. Ditunjang baterai 3.000 mAh.

Samsung Galaxy J5 Pro memakai kamera belakang 13 MP dan kamera selfie 13 MP. Juga menjalankan Android 7 Nougat yang bisa diupdate ke Andoir 8.1 Oreo.

5 Asus ZenFone 5Q

Asus ZenFone 5Q. (Asus)
Asus ZenFone 5Q. (Asus)

Asus ZenFone 5Q ini memang tidak tergolong sebagai ponsel murah. Namun kini, kamu bisa mendapatkannya di kisaran harga Rp 2,6 jutaan saja.

ponsel ini mengusung chipset Qualcomm Snapdragon 630 OctaCore. Dengan RAM 4 GB + 64 GB dan ditunjang baterai 3.300 mAh juga layar 6 inci panel IPS.

Asus ZenFone 5Q memakai kamera selfie ganda 20 MP sensor Sony IMX376 dan kamera wide ange. Kamera belakang ganda, 16 MP dan kamera wide angel juga.

Itulah 5 ponsel murah yang dilengkapi fitur NFC. Kamu masih bisa mendapatkan semua ponsel di atas baik kondisi baru maupun bekas. (HiTekno.com)

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini