Adem, Akhirnya Apple dan Qualcomm Sepakat Berdamai

Apa perjanjian yang disepakati hingga Apple dan Qualcomm Sepakat Berdamai?

Suara.Com
Silfa Humairah Utami | Tivan Rahmat
Adem, Akhirnya Apple dan Qualcomm Sepakat Berdamai
CEO Apple. [AFP/Josh Edelson]

Suara.com - Adem, Akhirnya Apple dan Qualcomm Sepakat Berdamai.

Setelah lama berseteru di meja hijau, Apple dan Qualcomm akhirnya sepakat untuk berdamai.

Dikutip dari The Verge pada Rabu (17/4/2019), kesepakatan damai diantara kedua kubu juga diikat oleh beberapa pasal perjanjian.

Pertama, Apple akan membayar sejumlah uang ke Qualcomm dengan jumlah tertentu (besaran nominal tidak dipublikasikan). Kedua, Apple juga menandatangani perjanjian lisensi paten berjangka enam tahun kepada Qualcomm, dengan opsi perpanjangan kontrak hingga dua tahun.

Di sisi lainnya, Qualcomm berkewajiban untuk menyuplai komponen iPhone selama beberapa tahun, yang memungkinkan iPhone versi 5G mendapatkan suplai modem 5G dari Qualcomm.

Sebelumnya, perang antara Apple dan Qualcomm ini sudah berlangsung sejak dua tahun lalu. Muara pereslisihan diantara keduanya berasal dari lisensi paten.

Apple menuduh Qualcomm terlalu tinggi dalam memasang biaya untuk paten-paten dasar yang penting dalam ponsel, sekaligus memanfaatkan posisinya sebagai penyuplai utama modem ponsel untuk menetapkan harga yang terlalu tinggi.

Di jalur hukum, gugatan perdana terjadi pada Januari 2017, sementara persidangannya sendiri baru dimulai pada minggu ini dengan agenda mediasi.

Beruntung, mediasi Apple dan Qualcomm berjalan lancar dan berakhir dengan sepakat berdamai.

Komentar

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini