Rekam Video Lebih Stabil dengan 4 Aplikasi Stabilizer di Android Ini

Khusus pengguna Android wajib cek aplikasi ini di Play Store ya.

Suara.Com
Dinar Surya Oktarini | Amelia Prisilia
Rekam Video Lebih Stabil dengan 4 Aplikasi Stabilizer di Android Ini
Ilustrasi mengambil gambar dengan kamera ponsel . [Pixabay]

Suara.com - Buat yang sering aktif mereka video dengan smartphone, masalah utama yang sering ditemui pasti video yang tak stabil. Kini Bukan lagi jadi masalah, saat ini di Android sudah ada beragam aplikasi untuk membuat video jadi stabil. Wajib banget dicoba.

Biasanya, beberapa vendor smartphone tidak merilis perangkat dengan fitur stabilizer atau Optical Image Stabilization (OIS). Hasilnya, video yang direkam biasanya akan goyang dan tidak stabil.

Berbeda jika kamu merekam video dengan menggunakan kamera profesional. Biasanya pada kamera profesional, sudah tersedia fitur stabilizer untuk menjaga agar hasil video tidak goyang dan lebih stabil.

Sekarang, masalah tersebut sudah bisa teratasi. Pasalnya, beberapa developer di Play Store sudah beramai-ramai membuat perangkat dengan fitur stabilizer. Beberapa di antaranya sudah dirangkum di bawah ini.

1. Video Stabilizer

Video Stabilizer. (Play Store)
Video Stabilizer. (Play Store)

Sama seperti aplikasi edit video lainnya, Video Stabilizer juga cukup mudah digunakan. Kamu hanya perlu melakukan import video dari galeri untuk melakukan proses editing.

Dalam aplikasi ini kamu juga bisa mengurangi resolusi dan kualitas video. Hasil video yang tersimpan dari olahan Video Stabilizer ini akan memiliki format MP4 standar.

Video Stabilizer bekerja dengan memperbaiki geseran perspektif pada video agar menjadi lebih stabil.

2. Open Camera

Open Camera. (Play Store)
Open Camera. (Play Store)

Open Camera menawarkan penggunanya untuk dapat melakukan editing video dan foto dengan satu aplikasi ini.

Melakukan stabilisasi video dengan Open Camera mampu mengurangi getaran yang disebabkan oleh perubahan gerak saat pengambilan gambar.

Anti ribet, untuk bisa menggunakan Open Camera, kamu hanya perlu menggunakan satu tombol pilihan, dan secara otomatis seluruh video akan stabil.

3. Quik

Quik. (Play Store)
Quik. (Play Store)

Aplikasi edit video, Quik juga memungkinkan penggunanya untuk membuat video menjadi lebih stabil. Tidak hanya itu, kamu juga bisa menambahkan berbagai efek visual dan audio di aplikasi ini pada video yang kamu ambil.

Quik memang tidak merapikan video yang tidak stabil secara ajaib layaknya aplikasi lainnya. Namun, kamu bisa mengakali masalah ini dengan melaraskan video dan audio yang menarik.

4. Google Photos

Google Photos. (Play Store)
Google Photos. (Play Store)

Entah banyak yang tahu atau tidak, namun, Google Photos ternyata mampu memiliki fitur stabilisasi video dengan praktis lho.

Penggunaannya juga sangat mudah, kamu hanya perlu membuka video di aplikasi tersebut dan memilih tombol 'Stabilize' dan secara otomatis video menjadi lebih stabil.

Sudah tahu kan aplikasi apa yang bisa digunakan untuk memberpaiki video yang tidak stabil? Jangan ada alasan untuk memproduksi video yang tidak stabil ya.(HiTekno.com)

Komentar

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini