Pencapaian Tokopedia Selama Ramadan Ekstra 2019

Tokopedia menggelar program Ramadan Ekstra yang bergulir pada periode 6-17 Mei 2019.

Suara.Com
Dythia Novianty | Tivan Rahmat
Pencapaian Tokopedia Selama Ramadan Ekstra 2019
Logo perusahaan dagang online Tokopedia. [Suara.com/Aditya Gema Pratomo]

Suara.com - Pada bulan puasa lalu, Tokopedia menggelar program Ramadan Ekstra yang bergulir pada periode 6-17 Mei 2019. Lantas, apa saja catatan menarik selama program tersebut?

Nilai Transaksi Tembus Rp 18,5 Miliar dalam Sehari

Selama periode tersebut, Tokopedia mencatatkan hasil positif, salah satunya berhasil meraih transaksi senilai 1,3 miliar dolar AS atau setara Rp 18,5 triliun pada puncak promosi yang jatuh pada 17 Mei 2019.

Tokopedia menggelar hasil program Ramadan Ekstra di Jakarta, Rabu (19/6/2019). [Suara.com/Tivan Rahmat]
Tokopedia menggelar hasil program Ramadan Ekstra di Jakarta, Rabu (19/6/2019). [Suara.com/Tivan Rahmat]

"Selama Ramadan Ekstra, nilainya tertinggi mencapai 1,3 miliar dollar AS atau lebih dari Rp 18,5 miliar. Itu terjadi pada puncak program, yaitu tanggal 17 Mei," kata William Tanuwijaya, Co-Founder sekaligus CEO Tokopedia di kawasan Jakarta Selatan, Rabu (19/6/2019).

Sebagai informasi, Rp 18,5 miliar yang dicapai pada tanggal 17 Mei 2019 setara dengan total nilai transaksi 6 tahun awal berdirinya Tokopedia.

Transaksi Terjadi di 97 persen Kecamatan di Indonesia

Lebih lanjut lagi, William juga menyebut bahwa transaksi belanja online melalui Tokopedia berasal dari 97 persen kecamatan di seluruh Indonesia. Artinya, area transaksi Tokopedia hampir merata di Nusantara.

Tak hanya itu, catatan menarik juga datang dari merchant yang berjualan di Tokopedia yang kini berjumlah lebih dari 5,9 juta.

"Kita sekarang ada 5,9 juta penjual, dan mayoritas pebisnis baru. Rata-rata perbulannya, bisa transaksi sebesar 1 miliar dolar AS atau lebih dari Rp 14 miliar. Secara keseluruhan, Tokopedia berkontribusi lebih dari 1 persen ekonomi nasional," jelas William.

Jumlah Donasi Zakat Mencapai Rp 7 Miliar

Selama Ramadan Ekstra, Tokopedia juga menggalang donasi dan zakat. Hasilnya, terkumpul lebih dari Rp 7 miliar yang telah didonasikan untuk mereka yang membutuhkan.

Angka-Angka Menarik

Dibutuhkan 161 truk untuk mengangkut kurma yanng terjual selama bulan Mei 2019. Perlu 237 pesawat untuk mengangkut seluruh pengunjung Tokopedia di Bulan Mei.

Lebih dari 6 ribu produk terjual setiap menitnya pada puncak Ramadan Ekstra 2019. Trafik Tokopedia selama Ramadan Ekstra sangat tinggi, yaitu dikunjungi lebih dari 2.500 kali per detik.

Jumlah nanas yang dibutuhkan untuk membuat kue nastar yang terjual, setara dengan jarak Jakarta-Bandung jika nanasnya dijejerkan.

Terlepas dari catatan menarik tersebut, Tokopedia juga terus berupaya untuk menghadirkan berbagai kejutan bagi konsumen.

Paling anyar, Tokopedia berencana mendatangkan kembali selebriti asal Korea Selatan, yaitu Running Man.

"Pada pertengahan Agustus, kita akan bawa kembali Running Man untuk tampil di Jakarta. Seluruh member akan hadir di acara tersebut," pungkas Nuraini Razak, VP of Corporate Communications Tokopedia.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini