Jony Ive Hengkang dari Apple karena Berselisih dengan Tim Cook ?

Mundurnya Jony Ive dari posisi Chief Design Officer Apple cukup mengejutkan.

Suara.Com
Dythia Novianty | Tivan Rahmat
Jony Ive Hengkang dari Apple karena Berselisih dengan Tim Cook ?
Kepala desain Apple, Jony Ive (kiri) bersama CEO Apple, Tim Cook, sedang melihat dua buah iPhone XR pada 12 September 2018. [AFP/Getty Images North America/Justin Sullivan]

Suara.com - Mundurnya Jony Ive dari posisi Chief Design Officer Apple cukup mengejutkan dan mungkin menjadi kehilangan yang cukup besar bagi perusahaan. Pasalnya, lewat tangan terampilnya-lah, keluar desain dari produk-produk andalan Apple, mulai dari iMac, iPod, hingga iPhone.

Tak hanya meninggalkan kehilangan, kepergian Ive juga menyisakan pertanyaan soal alasan mundurnya Ive dari Apple. Konon, rumor yang berkembang berkembang di industri teknologi mengatakan bahwa Ive memiliki hubungan yang kurang harmonis dengan CEO Apple Tim Cook.

Merujuk pada laporan The Wall Street Journal pada Selasa (2/7/2019), lelaki dengan nama lengkap Sir Jonathan Ive itu tidak puas dengan visi perusahaan yang lebih berkonsentrasi pada sistem operasi ketimbang desain. Situasi ini dialami Ive sejak Tim Cook mengambil alih posisi CEO sepeninggal mendiang Steve Jobs.

Ive disebut-sebut kecewa dan merasa putus asa karena Cook kurang meminati pengembangan produk dari sisi desain yang telah menjadi "nyawa" banyak perangkat Apple dalam satu dekade terakhir. Bahkan, Cook jarang terlihat di studio desain Apple yang menjadi tempat pengembangan produk.

Ive juga kian gerah berada di perusahaan ketika dewan petinggi Apple yang sekarang didominasi oleh para direktur dengan latar belakang yang tidak terkait dengan bisnis inti perusahaan, yakni teknologi. Selain itu, ia juga disebut-sebut kecewa dengan cara manajemen perusahaan dalam memosisikan Apple Watch.

Padahal, Ive menempatkan jam tangan pintar Apple itu dijual sebagai produk mewah layaknya aksesoris fashion, bukan sekadar pelengkap iPhone yang dijual dengan harga yang tinggi.

CEO Apple Inc., Tim Cook saat peluncuran tiga model iPhone di AS, Rabu (12/9/2018). [AFP]
CEO Apple Inc., Tim Cook saat peluncuran tiga model iPhone di AS, Rabu (12/9/2018). [AFP]

Pada tahun 2015, saat Ive menjabat sebagai Chief Design Officer, Cook meminta dirinya untuk menyelesaikan dua hal. Pertama, membebaskan Ive dari tanggung jawabnya sehari-hari sehingga ia dapat berkonsentrasi untuk menciptakan Apple Park, sekaligus memungkinkan dirinya untuk bekerja dari rumahnya di San Francisco, Hawaii, atau Inggris.

Geliat keresahan Ive sebenarnya sudah terlihat sejak lama. Bahkan, ketika sesi pertemuan bulanan dengan desainer peranti lunak Apple, Ive mulai jarang muncul. Menurut keterangan seseorang dalam pertemuan itu, ia mengatakan bahwa Ive jarang merespon pertanyaan yang diajukan oleh para desainer Apple, dan beberapa kali meninggalkan pertemuan begitu saja.

Meski sudah menyatakan mundur, namun Ive baru akan berhenti bekerja untuk Apple pada akhir tahun nanti. Selepas meninggalkan Apple, ia bersama rekannya Marc Newson, yang juga merupakan salah satu mantan desainer Apple, berencana membuat perusahaan desain bernama LoveFrom. Apple sendiri sudah sepakat untuk menjadi klien pertamanya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini