Adu Spesifikasi Kamera realme X vs Vivo V15

Kamera merupakan salah satu fitur krusial dalam sebuah ponsel seperti pada realme X dan Vivo V15.

Suara.Com
Dythia Novianty | Tivan Rahmat
Adu Spesifikasi Kamera realme X vs Vivo V15
Realme X akan diluncurkan di Jakarta pada 25 Juli 2019. [Suara.com/Tivan Rahmat]

Suara.com - Kamera merupakan salah satu fitur krusial dalam sebuah ponsel. Bahkan, saat ini sebagian orang menganggap kualitas ponsel yang bagus akan berkurang nilainya jika tidak memiliki performa dan spesifikasi kamera yang mumpuni.

Asumsi tersebut juga berlaku bagi 'pemain-pemain' baru dari China. Ambil contoh seperti realme dan Vivo, dua nama yang akhir-akhir ini meramaikan pasar di Indonesia.

realme mengatakan bahwa mereka segera membawa produk terbarunya, yakni realme X ke Indonesia. Ponsel tersebut menitikberatkan salah satunya ke fitur kamera. Begitupun dengan Vivo melalui V15 yang juga sudah mengisi pasar ponsel Indonesia.

Benang dari kedua ponsel tersebut adalah sama-sama memiliki kamera pop-up dan memosisikan diri sebagai ponsel yang menjual kualitas kameranya.

Ketika kedua ponsel ini diadu, manakah yang lebih layak untuk dimiliki bila dilihat dari spesifikasi kamera yang diusungnya? Komparasi kamera realme X vs Vivo V15 berikut ini mungkin bisa memberi gambarannya.

Kamera Selfie

Keduanya memiliki kemiripan bahasa desain, tercermin dari benang merahnya yang identik di kamera depan. Mekanisme pop-up diusung agar menciptakan layar yang lebih luas ketimbang ponsel yang masih mengadopsi layar notch.

Tidak hanya itu, untuk kamera utama, keduanya turut memasangkan spesifikasi yang menarik. Meski begitu, realme X bisa memberikan pengalaman lebih baik.

Kamera realme x. [Suara.com/Tivan Rahmat]
Kamera realme x. [Suara.com/Tivan Rahmat]

Kamera pop-up merupakan keunggulan yang ingin ditonjolkan oleh masih-masing merek. realme X kamera depannya beresolusi 16 MP dengan bukaan f/2.0, sedangkan Vivo V15 memiliki resolusi yang lebih besar dengan 32 MP dengan bukaan yang sama.

Kamera Vivo V15. [Suara.com/Tivan Rahmat]
Kamera Vivo V15. [Suara.com/Tivan Rahmat]

Meski demikian, realme X sanggup menangkap obyek yang lebih luas karena memiliki lensa 25 mm, sedangkan Vivo V15 tidak.

Kamera Belakang

Jika berbicara mengenai kamera utamanya, realme X jauh lebih unggul. Alasannya, Vivo V15 hanya bermodalkan kamera utama dengan resolusi 24 MP dibandingkan 48MP yang diusung realme X. Angka yang dua kali lipat itu juga dibarengi dengan ukuran sensor.

Realme X, dengan kamera belakang 48 mega piksel, akan diluncurkan di Jakarta pada 25 Juli 2019. [Suara.com/Tivan Rahmat]
Realme X, dengan kamera belakang 48 mega piksel, akan diluncurkan di Jakarta pada 25 Juli 2019. [Suara.com/Tivan Rahmat]

realme X yang menggunakan sensor Sony IMX586 memiliki ukuran sensor 1/2 inci dan bukaan f/1.7, sedangkan Vivo V15 1/2,8 inci dengan bukaan f/1.8 inci. Berdasarkan hukum fotografi, semakin kecil diafragma kamera, semakin tajam pula detil obyek yang bisa ditangkap.

Selain itu, angka tersebut menjelaskan secara langsung jika kamera utama realme X bisa menghasilkan foto malam hari yang lebih terang.

Tes Antutu Benchmark Vivo V15. [Suara.com/Tivan Rahmat]
Kamera belakang Vivo V15. [Suara.com/Tivan Rahmat]

Sebab, sensornya sendiri memiliki teknologi khusus dalam meningkatkan kemampuan menangkap foto malam hari. Ditambah dengan mode Nightscape yang bisa menampilkan foto tajam dan detail di lingkungan gelap. Hasilnya lebih unggul ketimbang mode Night yang ada di V15.

Kecepatan Kamera

Lebih lanjut, realme X juga bisa hadirkan performa kamera yang jauh lebih cepat. Seperti dalam urusan membuka aplikasi kamera dan berganti dari kamera depan ke belakang atau sebaliknya. realme X terasa lebih responsif ketimbang V15.

Realme X akan diluncurkan di Jakarta pada 25 Juli 2019. [Suara.com/Tivan Rahmat]
Realme X akan diluncurkan di Jakarta pada 25 Juli 2019. [Suara.com/Tivan Rahmat]

Mungkin hal ini pengaruh dari spesifikasi intinya. realme X menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 710, dan V15 menggunakan MediaTek Helio P70. Sisi RAM, realme X juga lebih unggul dengan kapasitas 8GB, V15 memiliki selisih 2 GB, yaitu 6 GB saja.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini