Blokir Internet di Jayapura Dibuka Sebagian

Di seluruh Tanah Papua memang tinggal Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura yang internetnya masih diblokir Jakarta.

Suara.Com
Liberty Jemadu | Tivan Rahmat
Blokir Internet di Jayapura Dibuka Sebagian
Suasana di Jayapura usai aksi unjuk rasa, Papua, Jumat (30/8). [ANTARA FOTO/Gusti Tanat]

Suara.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengumumkan telah membuka blokir internet di sebagian wilayah Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura di Provinsi Papua sejak Jumat (13/9/2019) pukul 16.00 WIT.

Kominfo mengatakan baru 85 persen wilayah Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura yang bisa kembali menikmati akses internet. Di seluruh Tanah Papua memang tinggal dua wilayah itu yang internetnya masih diblokir Jakarta.

"Sementara kurang lebih 15 persen sites/titik di kedua wilayah tersebut yang masih terus dipantau dalam waktu satu atau dua hari ke depan," jelas Kominfo dalam siaran persnya.

Blokir internet di Papua dan Papua Barat dilakukan sejak 21 Agustus lalu. Sejak 4 September pemerintah secara bertahap dan hingga pekan ini, tinggal Kota Jayapura serta Kabupaten Jayapura yang belum bisa menikmati akses internet penuh.

Belum diketahui kapan Kominfo akan membuka penuh akses internet di Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura. Adapun 27 kabupaten lain di Papua sudah bisa mengakses internet. Sementara di Papua Barat, seluruh 13 kabupaten/kota sudah bisa mengakses internet per 11 September.

Blokir internet di Papua dan Papua Barat dilakukan setelah terjadinya gelombang demonstrasi anarkistis pada pertengahan Agustus. Pemicunya adalah penghinaan rasialis dan penangkapan sewenang-wenang terhadap mahasiswa Papua di Surabaya dan Malang, Jawa Timur.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini