Kamu Make Up Addict? Ini Berbagai Tips bagi Pemula

Jangan takut untuk mencoba dan memulai sesuatu yang baru.

Suara.Com
Fabiola Febrinastri
Ilustrasi remaja merias wajah, berm-makeup, dandan. (Shutterstock)
Ilustrasi remaja merias wajah, berm-makeup, dandan. (Shutterstock)

Suara.com - Make up adalah kegiatan yang lazim dilakukan seorang wanita. Kegiatan ini mulai disenangi ketika mereka mulai menyadari pentingnya penampilan diri, terutama saat remaja. Berdasarkan pengalaman, tidak sedikit orang yang memiliki pandangan negatif terhadap seseorang yang menggunakan make up.

Ada yang berpendapat negatif, bahwa dengan menggunakan make up, berarti “tidak natural”, “dempul”, “centil”, “cari perhatian”, “menutupi kejelekan”, hingga tidak jarang terdengar kata-kata “bijak” seperti “Ga usah make up-an. Semua wanita itu cantik, dan yang paling penting mah cantik dari dalam aja”.

“Aku suka banget ngeliat orang-orang yang pakai make up. Terlihat lebih cerah, mulus, dan enak dilihat aja. Pengen sih pakai make up juga, tapi takut kelihatan aneh. Banyak orang yang bilang, kalau pakai make up, kulit pasti jadi lebih jelek dan mengalami penuaan dini.”

Itu cerita Berliana Lyvia Vanessa, pengguna make up pemula.

Terlepas dari pandangan negatif sebagian orang, make up sebenarnya merupakan suatu kegiatan yang berdampak positif. Berikut adalah poin-poin mengapa make up dapat berdampak positif bagi kehidupan :
1. Profesional
Ketika memasuki ranah yang lebih profesional (bekerja), wanita diharuskan untuk menjaga penampilan. Salah satunya dengan merias diri. Apabila sudah mulai lebih awal menggunakan / belajar make up, selanjutnya, kita akan lebih siap dan terbiasa.

2. Terlihat lebih menarik
Pastinya, seseorang yang menggunakan make up akan terlihat lebih menarik dan rapi.

3. Merawat kulit
Penggunaan kosmetik dengan kandungan yang baik juga dapat merawat kulit kita. Contohnya menggunakan kosmetik yang memiliki kandungan SPF, kita dapat mempercantik diri, sekaligus menghindari kulit dari paparan sinar matahari berlebih.

4. Mencegah terlambat
Make up dapat mencegah keterlambatan. Mengapa? Karena ketika kita sudah terbiasa berdandan, kita pastinya akan bangun lebih awal untuk mempersiapkan diri, sehingga kata terlambat ini pastinya akan menjauh.

“Mau sih pakai make up, tapi susah nyari yang mana yang benar-benar bagus dan cocok di kulit. Kulit aku lumayan gampang berjerawat juga akhir-akhir ini, makin takut nyoba make up. Palingan aku cuma coba pakai pensil alis saja. Aku juga takut terlihat aneh, karena tidak terbiasa menggambar alis. Malu kalau ternyata bentuknya aneh di mata orang lain," kata Jennie Puspa Sari, yang juga pengguna make up pemula.

Terkadang, memang terasa malu dan sedih ketika ada orang yang menilai kita negatif apabila menggunakan make up. Apalagi saat baru memutuskan untuk menggunakan kosmetik secara rutin.

Pasti ada rasa takut dan gelisah, seperti “menor banget gak sih?”, “dempul banget ga ya?”, “lipstiknya terlalu terang gak ya?”

Apalagi saat ada yang menatap kita terus menerus, hingga membuat kita langsung berpikir, “Ini kenapa dia ngeliatin ya? Menor banget ya? Apa gara-gara make up, jadi kelihatan cantik banget? Atau malah aneh ya?”.

Terlintaslah pikiran- pikiran mulai dari positif, negatif, hingga kepedeaan. Tapi jangan khawatir, berikut tips-tips bagi siapa saja yang baru mulai memasuki dunia make up:
1. Mulailah dari hal-hal sederhana
Mulailah dengan jenis kosmetik yang sederhana terlebih dahulu, seperti menggunakan concealer untuk menutupi kemerahan dan kantung mata, pensil alis, dan lipstik yang warnanya natural.

2. Gunakan style natural
Style natural untuk dandanan sehari-hari bisa membuat kamu terlihat lebih alami, fresh, dan rapi.

3. Menonton tutorial-tutorial make up
Tontonlah video-video tutorial yang sesuai, agar kita dapat memilih jenis make up yang sesuai dengan wajah kita, dan mengetahui tips-tips dari para profesional.

4. Skincare
Skincare sangat penting untuk dilakukan sebelum menggunakan make up, karena untuk mempersiapkan kulit wajah dan membantu membuat tampilan make up terlihat lebih flawless.

5. Jagalah kebersihan
Menjaga kebersihan setelah menggunakan makeup sangatlah penting. Bersihkan muka dengan pembersih make up (cleansing oil) dan sabun cuci muka sebelum tidur. Lalu gunakanlah skincare untuk merawat, melembabkan, dan menenangkan kulit setelah seharian penggunaan kosmetik.

6. Percaya diri
Percaya diri adalah hal yang terpenting apabila kita baru memutuskan untuk menggunakan makeup. Mungkin ada pandangan negatif atau aneh dari orang, namun kita harus memikirkan sisi positifnya. Tampillah selalu percaya diri dengan apa yang kita lakukan, termasuk percaya diri saat menggunakan make up. Yakinlah, apa yang kita pilih untuk lakukan pasti berdampak positif pada diri kita, dan tindakan yang kita lakukan ini tidak merugikan orang lain.

Hal yang penting juga adalah memilih kosmetik dengan bahan-bahan yang aman untuk kulit. Aku sangat merekomendasikan kosmetik dari Korea. Kosmetik Korea kebanyakan didesain berupa kosmetik skincare, sehingga bisa digunakan untuk mempercantik, sekaligus tetap menjaga kulit.

Bahan-bahan yang digunakan juga aman, dan banyak varian alami yang digunakan. Misalnya, ada yang menggunakan lidah buaya, atau madu, atau bahkan snail mucus, yang dipercaya dapat menjaga dan merawat kulit.

"Tapi yang paling penting menurutku sih, menjaga kulit dengan melakukan skincare setiap sehabis mandi, terutama pada malam hari, dan sebelum menggunakan make up,” ujar Chyntia Wu, pengguna make up secara rutin.

“Confidence is the best fashion accessory – Vivienne Westwood”.

Menggunakan make up bukanlah suatu keharusan atau kewajiban sebagai seorang wanita. Menggunakan make up juga bukan berarti kita mencari perhatian orang lain, memuaskan orang lain, atau berusaha terlalu keras untuk menyesuaikan diri kita dengan tren yang ada.

Namun, tidak ada salahnya untuk berusaha tampil lebih baik. Menggunakan make up adalah suatu bentuk pengekspresikan diri.

Jangan takut untuk mencoba dan memulai sesuatu yang baru dalam hidup kita. Abaikan kritikan dan pikiran negatif, dan percaya dirilah. Rasa percaya diri dan rasa nyaman dengan kulit dan wajah diri sendiri apa adanya adalah kecantikan terbaik.

Pengirim: Natasya Lydia Saputra, Marketing Communication Bina Nusantara University

Yoursay adalah tulisan, foto atau video karya warganet. Isi tanggungjawab penulis.

Kirim karya anda ke email [email protected]

Baca Juga

Terpopuler

Terkini