Kiat-kiat Parenting dalam Mengawasi Anak yang Suka Main Game

Salah satu fungsi game sebenarnya adalah sebagai alat pengajaran berbasis teknologi.

Suara.Com
Fabiola Febrinastri
Kiat-kiat Parenting dalam Mengawasi Anak yang Suka Main Game
Anak Kecil Main Game [shutterstock]

Suara.com - Video game merupakan bentuk media yang sangat menarik dan layak untuk dilirik. Industri ini telah mendistribusikan berbagai macam game dengan platform yang variatif, seperti console, handphone, dan pc.

Maraknya video gaming di Indonesia dan seluruh dunia memancing atensi publik, tidak terkecuali anak-anak.

Di samping untuk hiburan, salah satu fungsi game sebenarnya adalah sebagai alat pengajaran berbasis teknologi. Artikel ini akan mengajarkan cara parenting terbaik agar anak dapat menikmati manfaat video game.

Untuk memastikan pengalaman bermain game yang nyaman, inilah beberapa kiat dan trik untuk menangani anak yang senang bermain video game:

1. Sadari bahwa video game adalah sesuatu yang esensial
Di era masa kini, semua orang pasti pernah bermain game. Terkadang, video game menjadi kebutuhan sehari-hari. Untuk melarang ataupun menghindari pengaruh gaming adalah sesuatu yang hampir mustahil, sehingga orangtua disarankan untuk menerima fakta, jika bermain game adalah hal yang lumrah.

2. Pertimbangkan pro dan kontra jika akan bermain game
Ketika kebanyakan orang memikirkan tentang video game, mereka akan mengarah ke fungsi game itu sendiri. Apakah untuk menghibur, mengedukasi, atau malah memberikan pengaruh buruk kepada anak. Maka dari itu, ada baiknya kita melakukan background check terlebih dahulu akan sifat anak dan kapabilitasnya, sebelum bermain game.

Selanjutnya chevron_right

Yoursay adalah tulisan, foto atau video karya warganet. Isi tanggungjawab penulis.

Kirim karya anda ke email yoursay@suara.com

Komentar

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini