Mahasiswa Unsyiah Juara Forum Pemuda ASEAN. (Dok : Istimewa)

Dua mahasiswa Universitas Syiah Kuala berhasil meraih juara dalam "ASEAN Youth Forum", yang diadakan di Prince Songkla University, Hat Yai, Thailand, 29 Agustus - 2 September 2019. Kedua mahasiswa tersebut adalah Salsabila Mahdi dari Fakultas MIPA dan Intan Qanita dari Fakultas Kedokteran.

Mereka berada di bawah bimbingan Nur Fadli, S. Pi, M. Sc., dosen di Fakultas Kelautan dan Perikanan, yang juga koordinator untuk kerja sama internasional di Kantor Urusan Internasional Unsyiah.

Fadli menyebutkan, terdapat tiga jenis kompetisi dalam even ini, yaitu kontes pidato, kompetisi kuis ASEAN dan pengembangan proyek pariwisata ASEAN. Setiap tim terdiri dari dua kontestan dan satu pengawas. 

Adapun dari ketiga perlombaan tersebut, lanjutnya, Salsabila Mahdi berhasil meraih juara dua untuk kontes pidato, kemudian Intan Qanita meraih juara dua. Salsabila Mahdi mendapat juara tiga untuk dan pengembangan proyek pariwisata ASEAN. Salsabila dan Intan juga berhasil meraih juara dua untuk kompetisi kuis ASEAN yang diperlombakan secara tim.

Even berskala internasional ini diselenggarakan oleh Dr. Thanat Khoman ASEAN Studies Center, Prince Songkla University, Thailand, yang kali ini mengangkat tema Advancing Partnerships for Sustainability atau Memajukan Kemitraan untuk promosi pariwisata ASEAN yang berkelanjutan. 

Fadli memaparkan, peserta acara ini berasal dari Indonesia dan Thailand. Selain Universitas Syiah Kuala, universitas lain yang telibat dalam kegiatan ini adalah Universitas Gajah Mada, Universitas Airlangga.

Sementara dari Thailand, Prince Songkla University, Hat Yai, Prince Songkla University, Phuket, Prince Songkla University, Pattani, Prince Songkla University, Surat Thani, Prince Songkla University, Trang, Burapha University, dan Mae Fah Luang University

"Ini adalah kali pertama kalinya Forum Pemuda ASEAN ini terselenggara, dan suatu kebanggaan bagi Unsyiah karena kedua mahasiswa yang kita kirimkan berhasil memperoleh juara pada ketiga jenis perlombaan," ujar Fadli.

Pada 2020, tambah Fadli, acara ini akan diselenggarakan oleh Universitas Airlangga, dan Unsyiah akan kembali mengirim mahasiswa untuk mengikuti forum ini.