Ilustrasi kuliner Pontianak. (Dok : Istimewa)

Suara.com - Hai Wakulovers! 

Buat kalian yang suka banget wisata kuliner ke seluruh Indonesia dan selalu ingin memanjakan lidah, kalian wajib banget mampir di kota Pontianak, Kalimantan Barat. Mengapa?

Karena kuliner Pontianak tuh enak-enak, lho! Banyak menu legendaris yang bisa kalian coba. Nah kali ini kita mau merekomendasikan kalian untuk mencoba 3 diantaranya. Apa saja ya? Yuk kita simak:

1. Ce Hun Tiau
Ce Hun Tiau ini adalah dessert atau makanan penutup yang legendaris di Pontianak. Ce Hun artinya "sagu" dan Tiau artinya "helai". Ce Hun Tiau pada dasarnya adalah sagu yang berbentuk helaian.

Ketika melihatnya pertama kali, mungkin yang teringat cendol, namun lebih halus dan kecil-kecil. Biasanya dalam satu porsi Ce Hun Tiau ditemani kacang merah, bongko (sejenis kue jongkong), santan dan gula merah.

Masyarakat kadang menambahkan ketan hitam untuk meningkatkan kelezatan Ce Hun Tiau. Ce Hun Tiau cocok sekali untuk dimakan di siang hari agar dahaga hilang dan tubuh menjadi segar.

2. He Tiaw
He tiaw pada dasarnya adalah stik udang. Rasanya hampir mirip dengan bakso udang goreng. Rasanya gurih dan manis khas daging udang.

Biasanya dimakan dengan cara dipotong kecil-kecil lalu dicelupkan ke saus merah yang asam, pedas dan terasa bawang putihnya. He tiaw sangat cocok untuk hidangan pembuka atau camilan sore.

3. Cha Ko Kue
Cha Ko Kue ini lumayan unik, karena terbuat dari semacam adonan dari tepung beras yang dipotong dadu, yang kemudian ditumis dengan minyak bawang putih, kecap khas Kalimantan, serta daun kucai. Biasanya orang menambahkan telur agar lebih sedap.

Rasa Cha Ko Kue ini dominan bawang putih, gurih dan manis. Orang Pontianak biasa menjadikan Cha Ko Kue sebagai camilan malam.